Sah! KPU Tetapkan Cory Br Sebayang – Theopilus Ginting Pemenang Pilkada Karo 2020

Karo1220 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karo, Cory Seriwaty Br Sebayang – Thepilus Ginting resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Karo 2020.

Penetapan tersebut disampaikan dalam rapat pleno terbuka yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo pada, Jumat (19/2/2021) di Berastagi.

Pada rapat pleno penetapan paslon terpilih Cory/Theo yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Karo, Gemar Tarigan, ST tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan dengan membatasi peserta yang hadir.

Penetapan itu berdasarkan Surat Mahkamah Konstitusi nomor : 35.05/PAN.MK/PSPK/02/2021 Tanggal 16 Pebruari 2021 perihal penyampaian salinan putusan nomor : 05/PHP – BUP – XIX/2021 dan Surat Mahkamah Konstitusi nomor : 35.06/PAN. MK/PSPK/02/2021 Tanggal 16 Pebruari 2021 perihal penyampaian salinan putusan nomor : 06/PHP – BUP – XIX/2021.

Turut hadir, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang sekaligus Bupati Karo terpilih, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, Sik, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Wakil Ketua DPRD Karo Sadarta Bukit, SE, Msi, Ketua Bawaslu Eva Juliani Br Pandia.

Menurut Gemar Tarigan, penetapan ini setelah adanya putusan salinan gugatan PHP dari Mahkamah Konstitusi kepada KPUD Karo yang menyatakan gugatan paslon nomor 1 dan paslon nomor 3 tidak diterima.

Sesuai mekanisme tahapan Pilkada 2020, maka KPUD wajib mengeluarkan Surat Keputusan KPUD Karo nomor :179/Pl. 02.7-Kpt/KPU – Kab/1206/II/2021 tentang penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, jelasnya.

Suksesnya pilkada tahun 2020, imbuh Gemar Tarigan, tidak terlepas dari dukungan penuh dan peran pemerintah daerah, secara khusus KPUD Karo memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada Bupati Karo yang telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam alam demokrasi serta membangun Kabupaten Karo yang lebih maju dan lebih baik, ujarnya.

Untuk meneguhkan itu, KPUD Kabupaten Karo menerima ‘kado’ anggaran (Naskah Perjanjanjian Hibah Daerah untuk Pilkada Serentak 2020) tercepat dibanding sejumlah daerah lain. Bahkan Mendagri Tito Karnafian, KPUD Provinsi dan Pusat menyampaikan apresiasinya, ucapnya.

 

Partisipasi Pemilih Masa Pandemi Patut Diapresiasi

“Disamping itu, partisipasi juga meningkat dibanding pilkada tahun 2015 lalu, ada kenaikan secara signifikan pilkada tahun 2020 ada kenaikan 0,5% dan jumlah suara pemenang pasangan calon terpilih ada 59.608 suara. Walau kita Pilkada masa pandemi Covid-19, tingkat partisipasi pemilih patut diapresiasi,” sebut Gemar Tarigan.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, sampaikan ucapan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Karo terpilih Cory S Br Sebayang dan Theopilus Ginting. Tahapan terakhir adalah pelantikan, tentu ada prosesnya, kita harapkan semuanya dapat berjalan lancar, katanya.

“Dalam keempatan ini, saya berpesan kepada pasangan terpilih dapat meneruskan pembangunan di Kabupaten Karo ini sehingga pembangunan yang sudah berjalan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi kedepannya,” pesan Terkelin Brahmana.

Selanjutnya, KPU Kabupaten Karo akan menyampaikan surat pengusulan pengangkatan pasangan calon terpilih Cory/Theo kepada DPRD Kabupaten Karo, yang nantinya oleh DPRD akan diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Sumatera Utara. (R1)