Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu Sebesar Rp 50 Miliar Lebih, Bupati Cory Sebayang Harap Pilkada Karo 2024 Berjalan Lancar

Karo876 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo mengucurkan sana sebesar Rp 50 miliar lebih untuk kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karo 2024 mendatang.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Karo dengan KPUD Karo, Bawaslu Karo, Polres Tanah Karo, dan Kodim 0205/TK, dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting, Kabanjahe, Senin (13/11/2023).

Penandatanganan itu turut dihadiri, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Ketua KPUD Karo Rendra Gaulle Ginting, SH, Ketua Bawaslu Karo Gemar Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, dan perwakilan Kodim 0205/TK Plh Pasiter Kapten Inf Krista Ginting, Sekretaris KPU Karo, Drs Ahmad Jhon Sikumbang, Kepala Kesbangpol Linmas Kabupaten Karo, Drs Tetap Ginting, serta sejumlah OPD terkait.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Cory Sriwaty Sebayang, menyampaikan jika penandatanganan NPHD ini adalah realisasi komitmen dari Pemerintah Kabupaten Karo dalam mendukung kelancaran pelaksanaan setiap tahapan proses dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo yang akan dilaksanakan serentak secara nasional pada tahun 2024.

“Melalui pemberian dana hibah ini saya berharap seluruh tugas Bawaslu dan KPU Karo dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024 mendatang dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti,” tutur Bupati.

Lebih lanjut, Ia menekankan bahwa dana hibah ini harus dipergunakan secara transparan dan harus didukung dengan administrasi yang tertib sehingga dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya, pungkasnya mengingatkan.

Selanjutnya, kepada KPU dan Bawaslu, Bupati berpesan untuk terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang tahapan pemilu dan Pilkada Karo 2024, sehingga partisipasi dan antusiasme masyarakat sebagai pemilih terus meningkat, pesan Bupati Cory Sebayang.

Berikut Ini Perincian Dana Hibah Pilkada Karo 2024:

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karo, Eddi Surianta Surbakti menambahkan, untuk total anggaran yang disiapkan untuk keperluan Pilkada sebesar Rp 50.562.321.650.

“Dana yang kita tandatangani bersama penyelenggara Pemilu dan pengamanan tadi, dipergunakan untuk keperluan Pilkada. Totalnya lebih 50 miliar keseluruhannya,” ujar Eddi.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo itu merincikan, seluruh dana ini akan dibagi ke empat instansi baik penyelenggara maupun tim pengaman seperti Polri dan TNI. Di antaranya, dana atau anggaran untuk KPUD Karo sebesar Rp 32.568.561.650, dana untuk Bawaslu Karo sebesar Rp 12.545.466.000.

“Untuk Polres Tanah Karo sebesar Rp 4.580.934.000, dan untuk TNI dalam hal ini Kodim 0205/TK sebesar Rp 867.360.000,” beber Eddi Surianta Surbakti.

Seluruh dana ini, dikatakan Eddi diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karo.

Dimana, nantinya 40 persen dari total dana ini akan diambil dari APBD Kabupaten Karo tahun 2023. Sementara sisanya, akan diambil dari APBD Kabupaten Karo tahun 2024 mendatang, ungkapnya.

“Untuk tahun ini, kita akan mencairkan masih 40 persen, berkisar 18.1 miliar rupiah lebih. Kemudian, selebihnya akan kita cairkan sesuai dengan peraturan di anggaran tahun depan. Ini semua sudah masuk ke dalam anggaran tahun ini dan tahun depan,” ucapnya. (R1)