Asus ROG Ally, Sangar dan Gesit

Teknologi1540 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Walau awalnya dianggap sebagai prank di 1 April atau April Mop, nyatanya Asus ROG Ally sudah diluncurkan 11 Mei 2023. Sejumlah informasi tentang pesaing Steam Deck ini sudah beredar di internet.

Salah satu bocoran dan paling dicari oleh gamer adalah soal harga Asus ROG Ally. Meski perusahaan asal Taiwan itu masih tutup mulut, sebuah toko retail di Eropa sempat mengungkap informasi itu.

Mengutip WinFuture via GSM Arena, Sabtu (6/5/2023), Asus ROG Ally versi AMD Ryzen Z1 Extreme dengan RAM 1GB dan memori 512GB dijual di Eropa seharga 799 euro atau Rp 13 jutaan.

Sebagai perbandingan, Asus ROG Ally ini disebut-sebut akan dibanderol seharga USD 700 atau sekitar Rp 10 juta untuk pasar Amerika Serikat.

Konsol handheld ini juga dijadwalkan akan mulai tersedia di pasar Eropa mulai pertengahan Juni 2023 mendatang.

Sementara itu, ROG Ally versi lebih murahnya dengan Ryzen Z1 akan mulai meluncur selanjutnya. Sayang, masih belum ada informasi berapa harganya.

Selain soal harga, sejumlah spesifikasi konsol ini juga perlahan mulai terungkap. ROG Ally dilaporkan hadir dengan layar FHD berukuran 7 inci dengan refresh rate 120Hz,serta sudah dilindungi dengan Gorilla Glass DXC.

Perangkat ini disebut akan memiliki bobot sekitar 608 gram dengan ukuran secara keseluruhan 279,9 x 110,9 x 21mm. Asus ROG menyertakan SSD M. 2 2230 yang dikabarkan bisa di-upgrade.

Menurut laporan yang beredar, baterai konsol genggam ini nantinya mampu terisi penuh dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Hal itu dimungkinkan dengan dukungan charger USB C 65W.

Pakai AMD Ryzen Z1

Sebelumnya, melalui unggahan di akun media sosial resminya, ASUS ROG akhirnya mengumumkan kapan perangkat ini diperkenalkan secara resmi.

Berdasarkan informasi, ROG Ally akan diungkap melalui event yang digelar pada 11 Mei 2023. Event tersebut nantinya akan bisa disaksikan melalui YouTube dan Twitch ROG.

Dalam event tersebut, Asus ROG akan mengungkap seluruh informasi dari perangkat ini, mulai dari spesifikasi, ketersediaan, hingga harganya. Hadir sebagai pembicara utama dalam event tersebut adalah Product Management Director of Gaming Business Unit Asus Shawn Yen.

Bersama dengan pengumuman tersebut, salah satu spesifikasi kunci dari perangkat ini juga telah diungkap. Menurut AMD, ROG Ally akan menggunakan chipset terbaru besutan mereka yakni Ryzen Z1.

AMD menyebut, Ryzen Z1 merupakan chipset yang dikembangkan khusus untuk konsol handheld gaming generasi selanjutnya. Ada dua chipset yang diperkenalkan yakni Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (27/4/2023), Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme dibangun dari arsitektur Ryzen 4 4nm dan GPU RDNA 3. Untuk sekarang, kedua chipset itu secara eksklusif hadir untuk perangkat Asus dan disusul manufaktur lainnya.

Asus ROG Phone 6 Diablo Immortal Masuk Indonesia

Di sisi lain, Asus ROG menggandeng Blizzard Entertainment untuk meluncurkan Asus ROG Phone 6 Diablo Immortal, yang merupakan smartphone edisi eksklusif dan terbatas dari seri ROG Phone 6.

Asus ROG pun menyatakan bahwa edisi khusus smartphone gaming mereka ini sudah bisa dibeli di Indonesia. Spesifikasi Asus ROG Phone 6 Diablo Immortal, hadir dengan desain bertema Diablo dan “harta karun” berupa aksesoris tematik.

Dari segi desain, ROG Phone 6 Diablo Immortal menampilkan detail-detail pertarungan Diablo, dengan kumpulan setan dan monster yang mengerikan.

HP Asus ROG ini didesain dengan finishing berupa flame-effect, yang menampilkan lidah api berwarna merah, dan akan menampilkan luminansi yang berbeda-beda tergantung perubahan sudut pandang saat melihat. Logo Aura RGB kustom yang bercahaya merupakan outline dari game tersebut.

Dibawa juga tema Diablo Immortal di antarmuka pengguna yang juga dikustomisasi, seperti wallpaper eksklusif yang bisa berganti-ganti, ikon-ikon aplikasi dengan frame khusus, animasi dan efek suara, dan lain-lain.

Desain Bertema Diablo Immortal


Jimmy Lin, Asus Southeast Asia Regional Director mengungkapkan, HP ini juga membawa beberapa aksesoris tematik yang pas dan terinspirasi item-item legendaris di dalam game Diablo Immortal.

“Aksesori itu meliputi Shield Blessing Aero Case dan sebuah peta Sanctuary, yang menampilkan tanda-tanda tersembunyi dalam tinta tak terlihat yang dapat disingkapkan menggunakan obor Light milik Fahir,” kata Jimmy.

“Ada juga Immortality Ejector Pin yang unik yang dihiasi dengan logo game tersebut,” imbuhnya, melalui siaran pers Asus ROG, dikutip Selasa (28/3/2023).

Untuk desain karton eksklusif dari perangkat ini, terinspirasi oleh Horadric Cube, item berharga di dalam game, yang bisa mengubah apa pun yang ditempatkan di dalamnya. Ponselnya sendiri berada dalam tempat yang aman di dalam kotak yang meniru Worldstone.

Disematkan juga gulungan peta yang menggambarkan dunia Sanctuary dengan tanda-tanda tersembunyi yang dibuat dengan tinta tak terlihat.

Tanda-tanda ini hanya dapat disingkapkan dengan obor Light dari Fahir, yang juga sudah disertakan di dalam paket peta ini.

Sementara, casing pelindung bertema Shield Blessing Aero Case, menampilkan relief geometris teleportasi dengan efek unik yang bersinar saat diterangi oleh obor Light dari Fahir.

Bagian dalam casing yang tersembunyi juga dicetak dengan easter egg khusus, dalam bentuk gambar yang terinspirai oleh sang Lord of Terror. (R1/Liputan6.com)

Komentar