Buka Festival Bunga dan Buah 2024, Pj Gubsu Kagum Melihat Kreativitas Masyarakat Karo

Karo2278 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengaku kagum melihat inovasi dan kreativitas masyarakat Karo pada Festival Bunga dan Buah 2024. Hal ini diungkapkannya usai pembukaan Pesta Bunga dan Buah 2024 di Tugu Perjuangan, Pusat Kota Berastagi, Karo, Sumatera Utara, Kamis (4/7/2024).

“Festival seperti ini menjadi daya tarik lain bagi wisatawan, apalagi saya lihat masyarakat Karo kreatif mengemas event ini, membuatnya menjadi lebih menarik,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan ini, Fatoni mengenakan pakaian adat Karo secara lengkap. Sebagai informasi, Pesta Bunga dan Buah Kabupaten Karo telah masuk dalam Kalendar Karisma Nusantara Kemenparekraf.

Terdapat sejumlah kegiatan yang dilaksanakan pada Pesta Bunga dan Buah tahun ini, antara lain pawai mobil hias, lomba fashion show, membuat desain landmark dan merangkai bunga. Selain itu, ada juga pentas seni, pesta rakyat dan yang paling menarik adalah buah gratis sebanyak 1 ton selama event berlangsung pada periode 4-6 Juli.

“Saya juga terkesan melihat antusias masyarakat menyaksikan Festival Bunga dan Buah, ini sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, UMKM, pedagang kecil, kita harap dampaknya lebih luas lagi dan berkesinambungan,” ujar Fatoni.

Pada kesenpatan itu, Kapolda Sumut, Komjen Pol. Agung I.S. Efendi, memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan Festival Bunga dan Buah Kabupaten Karo 2024. Ia menyatakan bahwa acara ini tidak hanya menunjukkan kekayaan budaya Karo tetapi juga mampu menarik perhatian masyarakat dan wisatawan.

“Saya sangat kagum, dan memberi apresiasi ketertiban dan antusiasme masyarakat dalam mengikuti acara ini. Karnaval yang indah ini berhasil mengenalkan adat dan tradisi budaya leluhur Karo kepada khalayak luas,” ujar Komjen Pol. Agung I.S. Efendi.

Bupati Karo: Selama Even Ditargetkan Perputaran Uang Capai Rp8 Miliar

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang berharap Festival Bunga dan Buah mampu berkontribusi untuk pariwisata Kabupaten Karo. Diharapkan kedepannya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

“Ini rutin kita laksanakan dan kita berharap bisa memberikan kontribusi ke perekonomian masyarakat terutama sektor pariwisata,” ungkap Cory.

“Selama even wisata ini, ditargetkan perputaran uang capai Rp8 miliar, ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Kapolda Sumut Agung Setya Imam Effendi dan Deputi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM Manahutu. Hadir juga Forkopimda, OPD terkait Pemprov Sumut serta tokoh adat dan ribuan masyarakat.

Dari Forkopimda Karo, hadir Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang, Ketua DPRD Karo Iriana Tarigan, Plh. Kapolres Tanah Karo, AKBP Oloan Siahaan, S.I.K, M.H, Dandim 0205 TK Letkol Inf. Ahmad Afryan Rangkuti, Ketua PN Kabanjahe Cipto Hosari Pasaroran Nababan, S.H, M.H dan Kajari Karo, Darwis Burhansyah, S.H, M.H serta sejumlah undangan lainnya. (R1)

Komentar