Bupati Cory Sebayang Buka Acara Karang Taruna Festival Karo In Culture Tari Lima Serangke 2023

Karo835 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang membuka secara resmi Acara Karang Taruna Festival Karo In Culture Tari Lima Serangke 2023 yang diadakan di Jambur Pemkab Karo Komplek Rumah Dinas Bupati Jalan Veteran Kabanjahe, Rabu (5/7/2023).

Event Karang Taruna Festival Karo In Culture Tari Lima Serangke 2023 yang digelar selama 3 hari yang diikuti 35 peserta yang terdiri dari seluruh kecamatan di Kabupaten Karo diperlombakan untuk memperebutkan Piala Bupati Karo.

Festival Karo In Culture Tari Lima Serangke ini bertujuan untuk dapat mencari dan mengembangkan bakat atau talenta muda dalam bidang seni.

Hendra Mitcon Purba ST, M.Si selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Karo dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini dilatarbelakangi sebagai wujud kecintaan akan nilai-nilai budaya tradisional Karo sekalugus sebagai wadah atau media untuk melestarikan budaya Karo kepada generasi muda khususnya Karang Taruna dalam menghadapi era digitalisasi yang serba modern dan canggih saat ini.

“Jadi kehadiran Karang Taruna harus bisa dirasakan ditengah masyarakat. Ini akan menjadi investasi sosial yang baik, khususnya dalam menjaga, merawat dan melestarikan budaya suku Karo,” imbuhnya.

Sementara Bupati Cory Sriwaty Sebayang sekaligus selaku Pembina Karang Taruna Kabupaten Karo dalam sambutannya sangat mendukung dan mengapresiasi berlangsungnya festival ini.

Bupati Karo berharap melalui kegiatan ini dapat menebar dan memupuk rasa cinta akan budaya Karo sejak dini.

“Jangan sampai orang muda melupakan budaya di era digitalisasi ini, karena budaya karo itu luar biasa dan harus kita jaga dan tetap dilestarikan disetiap event yang ada,” pesan Bupati Cory Sebayang

Bupati Karo juga berpendapat bahwa kegiatan seperti ini adalah upaya untuk menjaga serta melestarikan budaya dan kesenian Karo khususnya bagi generasi muda.

Karang Taruna adalah wadah organisasi sosial kemasyarakatan, yang diharapkan menjadi pilar bagi kemajuan bangsa dan garda terdepan dalam membantu program pemerintah daerah serta diharapkan dapat melihat dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di seluruh pedesaan Kabupaten Karo dan dapat meningkatkan sumber daya manusia, harapnya.

Kegiatan ini juga bisa menambahkan keyakinan anak muda pada karya kesenian daerahnya, selaras dengan upaya besar mewujudkan watak generasi muda yang berkarakter dan berkepribadian dalam kebudayaan. (R1)

Berita Terkait:

  1. Bupati Cory Sebayang Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Karo Periode 2022-2027
  2. Dihadiri Bupati Karo, Hendra Mitcon Purba Kembali Terpilih Ketua Karang Taruna Kabupaten Karo Periode 2022-2027
  3. Karang Taruna Sumut dan Pemkab Dairi Panen Perdana Kopi Arabika

Komentar