Bupati Karo: Aquabike Jetski Beri Dampak Positif Bagi Perekonomian dan Pariwisata

Karo615 x Dibaca

Tongging, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan even perpaduan olahraga dan pariwisata seperti sport entertainmen akan memberikan dampak positif dan produktif bagi perekonomian masyarakat.

Hal itu dikatakannya di sela acara pembukaan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Pantai Sinalsal Tongging, Danau Toba, Rabu (22/11/2023).

“Kita telah melakukan yang terbaik agar event ini sukses. Kita ingin dari penyelenggaraan olahraga ini dampaknya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Satu minggu sebelum hari H, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya agar event ini berjalan sukses. Disamping itu, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyatakan bahwa kejuaraan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menggalakkan budaya olahraga air di kalangan masyarakat kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Karo.

“Aquabike Jetski World Championship dapat membuka peluang untuk generasi muda Indonesia khususnya di Tongging dalam bidang olahraga jetski. Terlebih lagi Danau Toba menjadi tuan rumah merupakan suatu milestone bagi Indonesia untuk mempromosikan Danau Toba sebagai lokasi menarik untuk water sport,” ungkapnya.

Apalagi beberapa waktu lalu di Jakarta, telah dilakukan penandatanganan naskah hibah daerah antara PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) dengan keempat Bupati yang menjadi tuan rumah Aquabike Jetski World Championship. Penandatanganan ini disaksikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno, Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Plh Sekretaris Kemenkomarves, Odo Manuhutu.

Untuk menyemarakkan event adu kehebatan jetski itu, Pemkab Karo, kata Cory Sebayang, melaksanakan festival band di Pantai Sinalsal, tempat event dibuka. “Termasuk iuga mendatangkan band ibukota D’Masiv yang merupakan sumbangan dari Menpora,” katanya.

”Hari ini juga ada atraksi terbang layang dari puncak Gajah Bobok mendarat di sekitar pinggiran Pantai Sinalsal, sambil membawa tropi. Keesokan harinya kita menggelar perlombaan para layang yang pesertanya antara lain dari Aceh, Batam, maupun dari luar negeri,” katanya.

Bupati juga tak lupa mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh Polres Tanah Karo, Kodim 0205/TK dan Yonif 125 Simbisa Kabanjahe yang sudah bekerja keras untuk memastikan keamanan seputaran lokasi dengan mengerahkan sebanyak 507 personil gabungan termasuk dari Pemkab Karo.

Event Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar di Danau Toba pada 22-26 November 2023 akan berlangsung di empat kabupaten, diharapkan akan mampu meningkatkan performa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba dan sekitarnya.

Event ini melibatkan sekitar 118 pebalap dari berbagai negara, dengan berbagai kategori seperti endurance, freestyle, slalom, ski ladies, dan lainnya.

Adapun Jadwal Event Aquabike Jetski World Championship 2023, yakni:

  1. Event berskala internasional ini dimulai hari ini dengan nomor ketahanan lebih dulu pada 22 November 2023 di Pantai Sinalsal Tongging, Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup yang diikuti 41 rider.
  2. Kemudian, pada 23 November 2023 Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi dan berlangsung sehari setelahnya.
  3. Kemudian nomor ini akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir. Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.
  4. Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti 77 rider. Dalam nomor ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom. (R1)

Komentar