oleh

Bupati Pakpak Bharat Minta Calon dan Pendukung Patuhi Deklarasi Damai Pilkades

Salak, Karosatuklik.com – Bupati Pakpak Bharat Tumanggor berpesan kepada seluruh Calon Kepala Desa yang akan mengikuti tahapan Pemilihan Kepala Desa serentak Gelombang III Tahun 2021 Kabupaten Pakpak Bharat agar senantiasa menjaga keamanan dan suasana kondusif, Kamis (25/11/2021).

96 Calon dari 30 Desa

Dihadapan Bupati, sembilan puluh enam (96) orang Calon Kepala Desa dari tigapuluh (30) desa yang akan mengadakan perhelatan akbar Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2021 ini menandatangani Ikrar dan kesepakatan untuk mengikuti proses Pelilihan Kepala Desa dengan aman dan damai, siap kalah dan siap menang.

“Deklarasi damai ini menjadi acuan untuk dipatuhi oleh para calon kades dan masing – masing pendukung agar pilkades dapat berjalan lancar dan damai,” sebut Bupati.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor berpesan kepada seluruh Calon Kepala Desa yang akan mengikuti tahapan Pemilihan Kepala Desa serentak Gelombang III Tahun 2021 Kabupaten Pakpak Bharat agar senantiasa menjaga keamanan dan suasana kondusif

Mematuhi Aturan

Franc Bernhard Tumanggor mengatakan dengan mematuhi aturan yang berlaku pada pelaksanaan pilkades serentak, potensi konflik tidak akan pernah terjadi. “Semua taat dan patuh pada peraturan, meminimalkan konflik, (calon) yang menang terhormat, kalah pun bermartabat,” kata Bupati.

Baca Juga :  Skuad Garuda Latihan Perdana di Singapura untuk Piala AFF 2020

Kita sadari bersama, imbuh Franc Bernhard Tumanggor, bahwa persaingan antar calon dalam Pilkades ini sangat ketat karena diikuti oleh orang-orang istimewa dan punya kemampuan dan daya saing yang mumpuni, tetapi juga berpotensi menggiring masyarakat desa kearah pengkotak-kotakan yang akan merugikan desa itu sendiri.

Komitmen bersama

Oleh karenanya, lanjut Franc Bernhard Tumanggor mengingatkan, mari kita bangun komitmen bersama bahwa Pilkades ini akan dilaksanakan secara dewasa.

“Kepada seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades ini diharapkan juga dapat berlaku lebih arif dan bijaksana untuk menyikapi setiap persoalan yang bisa saja terjadi selama pelaksanaan pesta demokrasi ini,” ucap Bupati.

Lebih jauh Bupati juga menegaskan bahwa Pilkades adalah ajang kedaulatan rakyat yang berkeadilan.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor berpesan kepada seluruh Calon Kepala Desa yang akan mengikuti tahapan Pemilihan Kepala Desa serentak Gelombang III Tahun 2021 Kabupaten Pakpak Bharat agar senantiasa menjaga keamanan dan suasana kondusif

Kedaulatan rakyat di desa

Pemilihan Kepala Desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil, oleh sebab itu, mari kita laksanakan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Desa ini dengan menjunjung tinggi nilai keadilan dan kejujuran serta mengedepankan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat, pesan Franc Bernhard Tumanggor .

Baca Juga :  Kasus Korupsi LPEI, Kejagung Tahan Seorang Pengacara

Ikrar bersama yang kita tandatangani hari ini bukanlah sekedar formalitas dan ceremonial belaka, akan tetapi jauh lebih memiliki makna untuk mempertegas sikap para calon Kepala Desa di Kabupaten Pakpak Bharat, sikap yang memuat komitment dan konsistensi untuk selalu menjaga serta menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan tahapan Pilkades ini, sebutnya lagi.

Akhirnya dengan memohon ridho dan petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini saya Bupati Pakpak Bharat mengucapkan selamat berkompetisi bagi saudara-saudara kami semua, tidak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Ketua DPRD Pakpak Bharat, Kapolres Pakpak Bharat, Kepala Kejaksaan Negeri Dairi, Dandim 0206/Dairi, Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang dan semua pihak yang turut membantu susksesnya pelaksanaan pesta demokrasi ini, semoga dengan pelaksaan Pemilihan Kepala Desa ini kita dapatkan pemimpin-pemimpin terbaik di desa, ujar Bupati.

Seluruh Calon Kepala Desa yanga akan mengikuti Pemilihan serentak di Kabupaten Pakpak Bharat kemudian membubuhkam tanda tangan mereka pada naskah deklarasi damai usai pembacaan ikrar bersama.

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Oki Doni Siregar: TKPK Kota Tebing Tinggi Diminta Lebih Kreatif dan Inovatif Menurunkan Tingkat Kemiskinan

Acara yang digelar digedung Balai Diklat BKPSD Cikaok itu sesuai protokol kesehatan dan diakhiri dengan foto bersama. (R1)

Author Image

Editor dan Pimpinan Redaksi karosatuklik.com

Komentar

Topik Terkait