oleh

Cegah Kebocoran, Eddy Keleng Ate Berutu Launching Smart ETPD Pemkab Dairi

-Dairi, Sumut-104 x Dibaca

, Karosatuklik.com – Dalam upaya mewujudkan peningkatan tata kelola keuangan berbasis elektronisasi transaksi non tunai dan digitalisas, Dairi Dr. melaunching Smart Elekronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Senin (12/04/2021) di Taman Firdaus Sitinjo.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam arahan dan sambutannya menyampaikan peran elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dalam menopang berbagai kegiatan perekonomian.

Era digitalisasi semakin dibutuhkan antara lain untuk megoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), perbaikan tata kelola keuangan pemda pada penyedia proses administrasi lebih sederhana, peningkatan akses keuangan semakin merata dengan beragamnya ketersediaan kanal dan instrumen pembayaran non tunai di seluruh wilayah.

Penguatan Kontrol

Digitalisasi transaksi serta penguatan kontrol keuangan secara sistematis tercatat dan terdokumentasi sehingga tidak ada pungli atau penyimpangan, urai Eddy Keleng Ate Berutu.

Disebutkannya bahwa dengan melakukan kerja sama antara pemda dengan Bank pengelola Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan Bank lainnya, perbaikan tata kelola keuangan pemda yang menyediakan berbagai kanal pembayaran akan mempermudah dan mempercepat penerimaan pendapatan secara non tunai yang bersumber dari pembayaran pajak maupun retribusi, jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Samosir Vandiko Gultom Audiensi dan Koordinasi ke BBPJN II Medan

“Dairi merupakan salah satu daerah di yang memiliki potensi pendapatan pajak dan retribusi daerah yang cukup besar sehingga perlu percepatan dan perluasan pembayaran digital di dalam pengelolaanya,” ucap Bupati Dairi.

Mempercepat Pembangunan

Lebih lanjut Bupati Dairi menuturkan, penerapan sistem pembayaran digital tersebut dapat mempercepat di Kabupaten Dairi.

“Pandemi Covid- 19 telah mengubah perilaku masyarakat ke trend ekonomi nirsentuh, dan pembayaran secara digital merupakan keniscayaan di era industri 4.0 yang menuntut seseorang bekerja cepat dan efisien,” papar Bupati.

“Semua transaksi perdagangan, layanan publik dan jasa keuangan didorong untuk dilakukan tanpa adanya tatap muka,” tambah Bupati Dairi.

Melalui kegiatan ini Bupati berharap dapat meningkatkan pemahaman serta menunjukkan komitmen untuk mengoptimalkan digitalisasi pembayaran secara sistematis, terpadu dan berkesinambungan, secara khusus akan mempermudah penerimaan pendapatan secara non tunai yang bersumber dari pembayaran pajak maupun retribusi. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Topik Terkait