Dansubsatgas Pamwil, Sosok Penting Keberhasilan Tugas Pengamanan Kunker Jokowi di Karo

Karo1938 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatiklik.com – Berkat kesiapan dan kesigapan dari unsur TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengamanan VVIP, secara keseluruhan Kunker Presiden Jokowi di Kabupaten Karo dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar pada Jumat (4/2/2022).

Namun, di balik keberhasilan tugas tersebut, ada sosok yang mempunyai peran penting. Dialah Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto Dandim 0205/Tanah Karo.

Sebagai Dansubsatgas Pamwil kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo beserta tiga menteri dan Gubernur Sumut ke Desa Kuta Meblin Kecamatan Laubaleng daerah Liang Melas Datas Kabupaten Karo memiliki tanggungjawab yang sangat tinggi.

Kesiapan pengamanan kunjungan RI 1, dari mulai pengecekan Personel, Materil, Route dan Sasaran Kunjungan, kemudian kegiatanpun dilanjutkan menghimbau masyarakat Desa Kuta Mbelin maupaun masyarakat desa sekitar yang termasuk dalam daerah Liang Melas Datas.

Memastikan Kesiapan Tugas Pengamanan

Berkat kesiapan dan kesigapan dari unsur TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengamanan VVIP, secara keseluruhan Kunker Presiden Jokowi di Kabupaten Karo dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar pada Jumat (4/2/2022).

Dia begitu total dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya itu. Mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan pelaksanaan dilakukannya dengan baik, penuh perhitungan dan tanggungjawab tinggi.

Sejak seminggu yang lalu dia telah menyusun perencanaannya yang diawali dengan tinjau medan maupun koordinasi awal dengan berbagai instansi terkait yang dilibatkan, termasuk menyusun rencana penempatan ploting pasukan yang dilibatkan dalam pengamanan.

Di tahap persiapan, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto Dandim 0205/Tanah Karo, juga memaparkan kesiapan tugas pengamanan tersebut dalam rapat koordinasi sehari sebelum pelaksanaan dan menggelar pasukan yang terlibat.

Sedangkan di waktu pelaksanaan hari ini, dia juga mengecek kesiapan personel yang telah ditempatkan kedudukannya masing-masing. Bukan itu saja, dia turut melakukan pengecekan terhadap pemahaman tugas dari masing-masing personel.

Tampak juga dia selalu mengendalikan tugas pengamanan melalui HT yang selalu dibawanya saat memantau Kunker Presiden Jokowi tersebut.

Menghimbau warga tetap disiplin Prokes
Dalam kesempatan itu, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto menyampaikan kepada warga, agar dalam menyambut kedatangan Presiden RI walaupun dengan penuh kegembiraan tetapi tetap harus tertib, jangan berdesakan menjaga kebersihan serta tetap disiplin Protokol Kesehatan Covid-19.

Tujuannya agar secara bersama menjaga keamanan dan ketertiban supaya kunjungan kerja Presiden RI dapat berjalan lancar, kemudian kepada para awak media juga diminta agar menyesuaikan dengan aturan batas gerak yang telah ditentukan dari Satgas Pam dan Paspampres.

Patroli Pengecekan

Berkat kesiapan dan kesigapan dari unsur TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengamanan VVIP, secara keseluruhan Kunker Presiden Jokowi di Kabupaten Karo dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar pada Jumat (4/2/2022).

Setelah berpatroli pengecekan kesiapan Satgas Pam dan himbauan, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto kembali ke helipad bergabung dengan Bupati Karo Cory S. Sebayang, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH, SIK. MH. dan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan untuk menyambut Presiden Jokowi hingga usai acara rombongan kembali pulang dengan naik helikopter super puma-TNI AU (tiga unit) semuanya berjalan tertib dan lancar. (R1)