Dikubur Hidup-hidup di Film Siksa Kubur, Faradina Mufti: Nggak Habis Pikir, Di Luar Nalar

Entertainment, Film2309 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Sebuah adegan ekstrim terungkap usai rumah produksi Come and See Pictures merilis trailer film Siksa Kubur, Rabu (13/3/2024). Sita, sang tokoh sentral dalam alur cerita yang diperankan Faradina Mufti dituntut memerankan adegan dikubur hidup-hidup untuk merekam momen siksa kubur setelah jenazah dimakamkan.

Tak butuh waktu lama untuk adegan ekstrim Faradina Mufti viral di media sosial. Sebagaimana terlihat di postingan sutradara Siksa Kubur, Joko Anwar, yang juga menampilkan trailer tersebut, banyak warganet yang menyoroti betapa mengerikannya adegan Sita dikubur hidup-hidup.

“Engap banget lihat yang dikubur,” kata akun @iamgilang di kolom komentar.

“Serasa investigasi siksa kubur live dari lubang kubur,” tutur akun @ariantostagram.

Menyikapi viralnya adegan dikubur hidup-hidup, Faradina Mufti sendiri pun sampai sekarang masih tidak menyangka dapat menyelesaikan proses syuting di bagian tersebut.

“Gue udah nggak habis pikir. Itu bener-bener di luar nalar adegannya,” ungkap Faradina Mufti usai perilisan trailer Siksa Kubur di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta.

Selain sulit secara teknis, batin Faradina Mufti pun dibuat campur aduk saat diberi gambaran tentang bagaimana kelanjutan kisah manusia setelah mati lewat adegan dikubur hidup-hidup.

“Sulit, sulit banget. Campur aduk rasanya. Awalnya sih aku cuma kayak, ‘Okay, it’s just a movie’. Tapi begitu udah di dalem, ya memang berbeda sih,” terang Faradina Mufti.

“Gimana ya, ini tentang apa yang sudah ditanamkan ke kita tentang alam kubur, dan akhirnya bisa terjadi ke aku sendiri,” lanjut sang aktris.

Namun di sisi lain, memang pesan itu lah yang ingin Joko Anwar sampaikan lewat film Siksa Kubur. Oleh karenanya, para pemain yang terpilih untuk berperan di film tersebut, termasuk Faradina Mufti, tidak punya pilihan selain menuntaskan tuntutan adegan.

“Pada akhirnya ya aku harus tetap membawakannya agar tetap believeable di penonton. Di situ sih emang tantangannya,” ucap Faradina Mufti.

Secara garis besar, film Siksa Kubur menampilkan upaya Sita untuk mencari tahu kebenaran di balik siksa kubur terhadap orang yang sudah mati. Sita melakukan hal itu karena tak lagi meyakini satu agama tertentu setelah kedua orang tuanya ikut jadi korban dalam sebuah insiden bom bunuh diri.

Untuk membuktikan ke publik tentang ada atau tidaknya siksa kubur, Sita sampai merelakan diri dikubur hidup-hidup untuk merekam situasi setelah jenazah seseorang dimakamkan. Hanya saja, Sita harus menanggung konsekuensi yang tidak pernah ia perkirakan atas tindakan tersebut.

Selain Faradina Mufti, film Siksa Kubur juga dibintangi sederet bintang besar seperti Reza Rahadian, Djenar Maesa Ayu hingga Christine Hakim. Menurut jadwal, film yang jadi karya layar lebar kesepuluh Joko Anwar itu akan mulai tayang di bioskop pada 10 April 2024. (suara.com)

Komentar