Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo Gelar Safari Literasi

Karo1268 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Buku tetap mempunyai nilai keunggulan dan peran yang tidak bisa digeser atau digantikan dengan smartphone. Menyadari hal itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Karo, gelar road show safari literasi di desa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Karo, Dra. Rehjorena Br Purba, menjelaskan pihaknya memberi sumber bacaan gratis bagi masyarakat melalui Mobil Perpustakaan Keliling (MPK).

“Tujuannya, untuk meningkatkan literasi masyarakat. Mobil akan berkeliling ke sekolah-sekolah, maupun titik-titik tertentu sesuai jadwal yang ditentukan,” katanya kepada Jurnalis Karosatuklik.com, Rabu (24/8/2022) petang di Kabanjahe.

“Kita terus berupaya meningkatkan akses kepada masyarakat agar mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kreatifitas dan inovasi agar menjadi produktif, bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Melalui pendekatan inklusif ini perpustakaan mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan melalui road show safari literasi ini, ucapnya.

“Kita terus berupaya hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya anak-anak dalam rangka menumbuhkan minat baca sejak usia dini, sebab pada masa keemasan anak-anak sangat penting di tanamkan rasa cinta mereka untuk menyenangi bacaan, kita hadir dengan menyediakan ratusan jenis buku bacaan agar bisa di baca dan di manfaatkan oleh anak-anak kita,” terang Rehjorena Br Purba.

Jadwal Kunjungan Mobil Perpustakaan Ditingkatkan

Salah satu sekolah yang dikunjungi Mobil Perpustakaan Keliling, Desa Barungkersap Kecamatan Munte.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 046413 Barung Kersap, Rukiah br Ginting didampingi guru pendamping, Ratna Seri Dewi Br Ginting, Eva Br Ginting, Ninta Br Bangun, Risme Tumorang dan Hendri Peranginangin mengaku merasa terbantu dengan hadirnya Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) milik Pemkab Karo, katanya.

“Dengan hadirnya perpustakaan keliling ini juga sebagai ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat dan anak-anak di bidang perpustakaan,” ucapnya sembari mengajak para siswanya memanfaatkan mobil perpustakaan untuk membaca di halaman sekolah yang asri dan sejuk.

“Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Road show safari literasi di desa seperti ini sangat bermanfaat, kalau bisa jadwal kunjungannya lebih ditingkatkan lagi,” tambah Ratna Seri Dewi Br Ginting. (R1)