oleh

Dorong dan Kawal Pembangunan Jalan Alternatif Karo – Deli Serdang, Bupati Karo Cory Sebayang Apresiasi DPRD Sumut

-Karo-201 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Ketua DPRD , Drs minta agar mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan pembangunan jalan tembus di Desa Liang.

Selain itu, Ketua DPRD juga mendukung pembangunan jalan alternatif jalur sejajar Medan – Berastagi, yakni via Medan – Simpang Tuntungan ke Berastagi atau Sembahe Elok.

Hal itu disampaikan Baskami saat menggelar pertemuan dengan Karo Cory Sriwati Sebayang di Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Jumat (30/4/2021).

Rencana jalan alternatif menuju Medan, yaitu jalan tembus dari Desa Serdang Kecamatan menuju Desa Rumah Liang Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang.

Menurut hasil survei, masih ada jalan setapak dari Desa Serdang harus dilalui berkisar 2-3 jam berjalan kaki melewati hutan, baru tiba di Desa Rumah Liang, baru menuju Desa Buntu, lewat Desa Tiga Juhar, tembus ke Lubuk Pakam.

Bahkan, Gubsu Edy Rahmayadi dalam pertemuan antara Ketua , Bupati Deli Serdang dan Bupati Karo di rumah dinas Gubsu beberapa waktu lalu menyampaikan dukungannya untuk percepatan pembangunan jalan tembus menghubungkan Desa Barus Jahe, Kabupaten Karo dengan Desa Rumah Liang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Baca Juga :  Kapoldasu, Gubsu dan Pangdam I/BB Tinjau Lokasi Longsor di Tapanuli Selatan

Tinggal menunggu izin Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk pemakaian kawasan hutan, dan Gubsu saat itu menyampaikan pihaknya akan memfasilitasi pertemuan dengan Menteri KLH.

Karena begitu besarnya dukungan Pemerintah Provinsi, Ketua DPRD Baskami Ginting minta Pemkab Karo serius dalam pelaksanaan perencanaannya.

“DPRD Sumut akan mengawal hingga pembangunan jalan itu benar-benar terwujud,” tegas politisi yang akrab dengan kalangan jurnalis ini.

Terkait jalan Sembahe Elok, menurut Baskami, sangat mendesak karena saat ini tinggal menembus kawasan hutan lindung dari Bumi Perkemahan Sibolangit menuju Kota Berastagi.

“Perencanaannya harus tepat sehingga pembangunan jalan itu akan sesuai dengan harapan yakni memudahkan akses ke Berastagi tanpa khawatir kemacetan,” terang politisi senior PDI Perjuangan ini.

Sementara, Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi atas dorongan Ketua DPRD Sumut.

Pihaknya berjanji akan menuntaskan kekurangan persyaratan dari pihaknya untuk kemudian menjadi satu bagian dalam paket rencana pembangunan jalan alternatif Medan – Berastagi yang semakin padat dan rawan macet. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Topik Terkait