Ducati Rayakan Perjalanan 20 Tahun Multistrada Sebagai Model Legendaris

Otomotif608 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Ducati memiliki salah satu model yang bisa dikatakan sebagai model legendaris, yakni Multistrada.

Tahun ini, Multistrada genap berusia 20 tahun. Beragam inovasi telah dilakukan Ducati sejak pertama kali model ini diluncurkan.

Pabrikan sepeda motor asal Italia ini turut memamerkan semua pencapaian teknologi, petualangan dan emosi yang dihadirkan motor ini lewat pameran bertema “Multistrada 20th – Dua Puluh Tahun Eksplorasi Evolusioner” yang diselenggarakan di Museum Ducati.

Multistrada akan menjadi salah satu episode Ducati World Premiere 2024 yang dijadwalkan mulai 19 September hingga 7 November di situs resmi dan media sosial Ducati.

Selama dua puluh tahun eksistensinya, Multistrada telah membawa serta kekayaan sejarah inovasi dan evolusi teknologi yang telah mendefinisikan ulang standar industri sepeda motor, sebagai partner ideal bagi biker yang gemar menjelajahi alam bebas baik untuk perjalanan solo riding maupun bareng partner.

Multistrada kemudian memperkenalkan Riding Mode (mode berkendara) pada model 2010, yang kemudian banyak diadopsi sebagian besar sepeda motor untuk jelajah jarak jauh dan menengah.

Multistrada V4 kemudian rilis ke pasar tahun 2020 dan jadi motor pertama di dunia yang dilengkapi radar depan dan belakang.

Motor ini juga dibekali sistem Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD), yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Pada model yang sama, Ducati juga memperkenalkan solusi Phone Mirroring, yang mengubah dasbor menjadi peta navigasi berwarna sekaligus menjaga informasi yang diperlukan tetap terlihat selama berkendara.

Multistrada V4 juga dilengkapi interval perawatan, dengan pemeriksaan celah katup yang diatur setiap 60.000 km. Semua model dalam keluarga ini dilengkapi dengan garansi berlaku selama 2 tahun dengan jarak tempuh tak terbatas*.

Eja Donalsha, COO Ducati Indonesia mengatakan Ducati Multistrada V4 Rally akan menghadirkan pengalaman berkendara paling berkesan yang tidak pernah ada pada sepeda motor manapun lewat fitur dan teknologi modern.

“Multistrada generasi ke-4 ini punya teknologi yang sangat canggih dengan adanya radar di bagian depan dan belakang. Radar depan berfungsi untuk mendukung adaptive cruise control sehingga bisa menjaga jarak kaya dengan kendaraan di depan. Jadi teknologinya mirip seperti yang ada pada mobil mewah. Sedangkan radar belakang bertujuan untuk blind spot monitoring,” ujar Donalsha, dalam keterangannya, Rabu (6/9/2023).

Sebagai informasi Ducati pertama kali merilis model Multistrada tahun 2003 untuk menawarkan motor Ducati dengan karakter serbaguna dan sporty dan sanggup melintasi beragam medan jalan dengan tetap mengutamakan keamanannya.

Versi pertama sepeda motor ini yang rilis ke pasar adalah Multistrada 1000 DS, yang kemudian terus berkembang melalui empat generasi, yang terbaru memakai mesin V2 dan V4 Granturismo. (suara.com)

Komentar