Hari HAM ke-74: Pemkab Karo Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Karo638 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam kategori Kabupaten Peduli HAM bertempat di Golden Ballroom, Hotel Sultan & Residence Jakarta, Senin (12/12/2022).

Dengan mengusung tema peringatan HAM sedunia ke-74 Tahun 2022 yaitu “Dignity Freedom Justice For All” dan tema peringatan HAM di Indonesia yaitu “Pemajuan Hak Untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju”.

Menkumham, Yasonna Laoly menyampaikan, “Tentunya berbagai tantangan juga masih tetap harus menjadi prioritas pemerintah kedepan. Pemerintah harus memastikan pembangunan dengan tidak meninggalkan siapapun atau no one left behind,” sebut Menkumham yang di acara itu juga turut dihadiri langsung Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

“Saya juga berharap bahwa segala capaian yang telah kita raih tidak membuat kita puas sampai titik ini saja, melainkan menjadi batu loncatan untuk mencapai sasaran yang lebih tinggi lagi dalam rangka pemenuhan HAM bagi masyarakat Indonesia,” tutur Menkumham.

Peringatan dilakukan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Peringatan dilaksanakan bertepatan dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia oleh Majelis PBB pada tanggal 10 Desember 1948. “Di Indonesia penegakan HAM merupakan tanggung jawab negara,” ungkapnya.

Sementara Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan terimakasih kepada Kemenkumham dimana telah memberikan penghargaan kepada Kabupaten Karo.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kemenkumham RI atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami Pemkab Karo sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia,” ujar Bupati.

“Dengan diterimanya penghargaan ini semoga dapat meningkatkan dan membangun kesadaran akan pentingnya penjaminan kehidupan yang manusiawi di Kabupaten Karo,” ucap Bupati Cory S Sebayang.

Seperti diketahui, dari Provinsi Sumatera Utara hanya ada 2 Kabupaten yang menerima Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM dan memenuhi indikator penilaian, yaitu Kabupaten Karo dan Kabupaten Tapanuli Utara. (R1)