Hari Jadi ke-78 Tahun 2024 Kabupaten Karo akan Diramaikan Berbagai Event dan Pesta Rakyat

Karo2870 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten Karo bersama Forkopimda Kabupaten Karo gelar rapat Persiapan Hari Jadi Kabupaten Karo yang ke-78 Tahun 2024. Rapat ini dipimpin langsung oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang di Aula Kantor Bupati Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Rabu (28/02/2024).

Berbagai rangkaian kegiatan pendukung akan digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-78 ini selain juga kegiatan inti rangkaian upacara Hari Jadi yang jatuh pada 8 Maret 2024. Untuk kegiatan pendukung sendiri diagendakan sejumlah kegiatan antara lain berupa kegiatan sosial, pertunjukan seni budaya, pameran, kuliner dan pariwisata serta lainnya.

Rapat ini dilaksanakan untuk mempersiapkan rangkaian acara menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Karo ke-78 Tahun 2024 yang akan digelar di Depan Rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran Kabanjahe pada tanggal 8-9 Maret 2024.

Event Tradisional dan Pesta Rakyat

Adapun rangkaian kegiatan yang disampaikan yaitu makan gratis dengan beraneka jenis makanan dan kuliner khas Karo, bazar UMKM, fun marathon dan hiburan yang dimeriahkan artis Mawar De Jongh.

Masih pada kesempatan itu, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan, peringatan hari jadi ini agar menjadi momentum dan refleksi untuk memajukan Kabupaten Karo.

“Sebagai warga Kabupaten Karo, kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Karo sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi kerja produktif demi meraih cita-cita bersama,” kata Bupati.

“Perayaan Peringatan Ulang Tahun Kabupaten Karo, bukanlah kegiatan seremoni, tetapi melainkan untuk melakukan evaluasi program pembangunan, yang baik akan ditingkatkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik,” pungkasnya.

Untuk itu, pesan Bupati Cory Sebayang menambahkan, kemas acara ini melibatkan masyarakat, berbagai even tradisional seperti kuliner cimpa labar, sop minuman buah, lemang dan juga pameran tanaman unggulan dari setiap kecamatan di 17 kecamatan se-Kabupaten Karo seperti tahun lalu untuk menambah semaraknya pesta rakyat hari jadi Kabupaten Karo, ujarnya kepada Kepala OPD dan Camat jajaran Pemkab Karo.

Sejarah Singkat HUT Kabupaten Karo

Berdasarkan catatan Redaksi Karosatuklik.com, setelah melalui proses yang sangat panjang dimulai ketika Bupati Karo dijabat Drs DD Sinulingga, akhirnya HUT Kabupaten karo resmi ditetapkan pada tanggal 8 Maret 1946 pada masa Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dan Wakil Bupati Cory Sriwaty Sebayang.

Hari jadi Kabupaten Karo merupakan runutan dan realita fakta sejarah yang terjadi di Kabupaten Karo 78 tahun yang lalu.

Penetapan tanggal dan bulan hari jadi didasarkan telaah dan pembahasan serta bukti data otentik pada rekam jejak peristiwa sejarah yang penuh romantisme, patriotisme dan heroisme, berpijak pada landasan historis sosiologis kuat secara de facto dan de jure dalam perkembangannya memiliki bukti kenangan yang membanggakan dengan segala dinamikanya.

Pertama kalinya diperingati, yakni pada 8 Maret 2018, Kabupaten Karo genap berusia 72 tahun, setelah pada tahun 2017 resmi ditetapkan 8 Maret 1946 melalui sidang paripurna DPRD Karo sebagai Hari Jadi Kabupaten Karo setelah melalui seminar dan proses yang sangat panjang. (R1)

Baca Juga:

  1. HUT Kabupaten Karo: Bupati Cory Sebayang Serahkan Bantuan Motor Roda Tiga dari Kemensos kepada Penyandang Disabilitas
  2. DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa Peringati HUT Kabupaten Karo ke-77 Tahun 2023
  3. Antusias, Makan Gratis di HUT Kabupaten Karo Diserbu Warga

Komentar