HUT IBI ke-71, Wakil Bupati Karo Apresiasi Kontribusi Bidan Bagi Pembangunan Kesehatan

Karo1001 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting hadiri perayaan HUT IBI ke-71 Kabupaten Karo Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo Jalan Letjen Jamin Ginting, Kabanjahe, Sabtu (12/11/2022).

Perayaan HUT IBI ke-71 ini dihadiri oleh seluruh bidan yang tergabung dalam IBI Kabupaten Karo, baik yang bertugas dari tingkat desa, kecamatan hingga tingkat Kabupaten. Dengan thema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju” diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan hymne IBI.

Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Karo, Hj. Sertamullia Sembiring, SST dalam sambutan dan laporannya, mengungkapkan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Karo pada saat ini berusia 71 tahun, usia yang cukup matang dengan berbagai dinamika dan perjuangan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan, ujarnya.

Selain itu, Sertamuli Br Sembiring menambahkan, bidan merupakan tenaga yang memiliki peran strategis yang berada di garda terdepan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Bidan merupakan sahabat masyarakat, sahabat perempuan, karena bidan selalu ada di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Sementara Bupati Karo melalui Wakil Bupati Theopilus Ginting dalam sambutannya mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas jasa dan pengabdian bidan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dia juga juga menambahkan kiranya melalui momentum ini perlu dilaksanakan tujuan IBI dalam membentuk pembangunan kesehatan yaitu dengan menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya dalam memperkokoh persatuan bangsa, membina pengetahuan dan keterampilan profesi bidan khususnya dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak serta kesehjateraan keluarga.

“Saya harapkan IBI Kabupaten Karo dapat menjadi bidan yang profesional, bidan yang menjadi panutan masyarakat dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik guna kemajuan pembangunan Kabupaten Karo, khususnya dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” harapnya.

Ia mengakui kunci pembangunan adalah pemberdayaan kaum wanita. “Bidan adalah profesi yang tepat dalam upaya pemberdayaan kaum wanita. Bidan semakin dituntut kreatif dan inovatif melayani kesehatan masyarakat. Bagaimana masyarakat merasa senang dengan pelayanan para bidan, itu yang harus ditingkatkan,” ujarnya.

“Selamat, saya ucapkan kepada IBI Kabupaten Karo di usai ke 71 ini semakin matang, maju, kompak dan semakin solid,” tutup Wakil Bupati.

Perayaan HUT IBI ke-71 ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun dan Nasi Tumpeng oleh Wakil Bupati Theopilus Ginting didampingi Ketua DPC IBI Kabupaten Karo, Hj. Sertamullia Sembiring.

Selain itu juga digelar rapat kerja cabang (Rakercab) ke VII IBI Kabupaten Karo. Turut hadir sejumlah pimpinan OPD Pemkab Karo dan tamu undangan lainnya.

Pantauan, walaupun perayaan HUT IBI digelar sederhana, namun kemasan acara cukup menarik dan dikemas apik. Seperti kontingen pengurus ranting dari kecamatan, RSU Kabanjahe, RSU Efarina Etaham, RSU Amanda dan lainnya membawakan sejumlah pakaian adat yang ada di Sumatera Utara. (R1)

Baca juga: Muscab IBI ke VII, Wakil Bupati Karo : Berikan Pelayanan Kesehatan Paripurna di Masa Pandemi Covid-19