Kapolres Tanah Karo: 3 Pendaki Tersesat di Gunung Sibayak Sudah Ditemukan

Karo1128 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Menerima informasi adanya 3 orang yang tersesat di kawasan Gunung Sibayak, Polres Tanah Karo, bersama Kodim 0205 TK, UPT Tahura, Basarnas, serta relawan, melakukan upaya pencarian, Sabtu (25/11/2023).

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, melalui Kasat Samapta AKP Enda Tarigan, S.H, menjelaskan, pihaknya menerima informasi dari Personil Polhut UPT Tahura Bukit Barisan Agus Efendi Siregar, Jumat (24/11/2023), sekira pukul 05.00 WIB, membenarkan peristiwa tersebut.

“Bahwa ada empat orang warga Medan, yakni Diwan (19), Hafiz(17), Luis (20) dan Aditya Prabowo (17), dari Posko Lestari Gunung Sibayak Desa Jaranguda, melakukan pendakian ke kawasan kaki Gunung Sibayak,” ungkapnya.

“Satu diantaranya, Aditya Prabowo tidak melanjutkan perjalanan dikarenakan mendapat berita kemalangan dari keluarga dan kembali ke Posko Lestari Gunung dan ketiga rekannya melanjutkan perjalanan ke atas bukit hingga diketahui tersesat dan putus kontak sejak Jumat (26/11) sekira pukul 18.30 WIB,” sebut Kasat Samapta AKP Enda Tarigan.

Dilanjutkan Enda, atas informasi tersebut tim pencarian gabungan TNI Polri, UPT Tahura dan Basarnas, Sabtu (25/11) pukul 09.30 WIB, mulai melakukan pencarian di kawasan Perbukitan Gunung Sibayak dengan membagi 2 tim pencari.

Sorenya pukul 17.50 WIB, Tim Basarnas memerima informasi dari Potensi SAR Basarnas (orang yang mendapat pelatihan oleh Basarnas) yang melaksanakan camping di lokasi Telaga Putri kawasan Gunung Sibayak, bahwa ada 3 orang pendaki yang mengaku tersesat selanjutnya langsung berkoordinasi untuk mengamankan ketiga orang tersebut sembari menunggu tim 1 merapat ke Telaga Putri untuk evakuasi.

“Tim 1, Gabungan dari Polres Tanah Karo, Koramil 04, Polsek Simpang Empat dan Basarnas, kemudian langsung berangkat dari Posko Lestari menuju Telaga Putri,” tuturnya.

Enda mengatakan saat proses penjemputan, faktor cuaca di kawasan Gunung Sibayak yang sedang turun hujan lebat dan berkabut sempat menyulitkan tim menelusuri jalan menuju Telaga Putri, terlebih saat itu hari sudah menjelang malam, urainya.

“Hingga pada saat tim 1 berhasil tiba di Telaga Putri dan kembali menuju Posko Lestari, diperjalanan tim 1 sempat tersesat di daerah Sungai Kering dan jalur tidak tertembus karena hujan dan kabut tebal, kemudian berkoordinsi ke Posko Lestari dan kembali ke Telaga Putri, menunggu tim 2 untuk menyusul tim satu ke Telagah Putri,” imbuh Kasat Samapta AKP Enda Tarigan.

Lanjut dia menerangkan, pada Minggu (26/11) dini hari, sekira pukul 00.45, WIB, Tim 1 dan tim 2 bersama 3 orang pendaki yang tersesat telah tiba di Posko Lestari Bukit Kapur Gunung Sibayak.

“Alhamdulillah, ketiga pendaki ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah kita serahkan kepada pihak keluarga-masing masing,” ujar AKP Enda Tarigan. (R1)

Komentar