Malam Takbiran Hari Raya Idul Adha 1445 H Berjalan Lancar, Kapolres Tanah Karo Apresiasi Seluruh Masyarakat

Karo2138 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Polres Tanah Karo melaksanakan pengamanan malam takbiran hari Raya Idul Adha 1445 H di berbagai lokasi di Kabupaten Karo, Minggu (16/06/2024) dimulai pukul 20.00 WIB di berbagai Masjid di jajaran Polres Tanah Karo.

Sebanyak 62 personel pengamanan dikerahkan bersama dengan personel Polsek jajaran untuk mengamankan kegiatan takbiran di tujuh masjid prioritas di Kecamatan Kabanjahe, termasuk Mesjid Agung Simpang Tiga Kabanjahe, Mesjid Nurul Ikhlas Ketaren, Mesjid Taufiq Samura.

Berikutnya, Mesjid Al Muhajirin Gg. Madu, Mesjid Nurul Ikhlas Kampung Dalam, Mesjid Taqwa JL. Mesjid Lau Cimba, dan Mesjid Nurul Falah Lau Cimba. Pengamanan juga dilakukan di mesjid-mesjid di sejumlah kecamatan lainnya oleh personel Polsek jajaran.

Persiapan pengamanan ini dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan apel persiapan pengamanan di Mapolres Tanah Karo. Pengamanan meliputi beberapa aspek, yaitu pengamanan tempat ibadah, pawai takbiran, jalur wisata dan patroli ke daerah rawan gangguan kamtibmas.

Pada Pukul 20.00 WIB, personel pengamanan sudah menempati objek pengamanan di tujuh mesjid prioritas Kecamatan Kabanjahe dan mesjid di kecamatan lain oleh personel Polsek jajaran.

Kegiatan pawai takbiran di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Berastagi, Kecamatan Tigabinanga, dan Kecamatan Mardingding juga turut dilakukan pengamanannya oleh personel.

Pawai kendaraan di Kecamatan Berastagi diikuti oleh sekitar 200 peserta dari PHBI Kecamatan Berastagi dengan rute Taman Mejuahjuah Berastagi – keliling kota dan kembali ke Taman Mejuahjuah.

Pawai obor di Kecamatan Tigabinanga melibatkan sekitar 200 peserta dari Ponpes Sirajul Huda dengan rute Ponpes Sirajul Huda hingga kembali ke Ponpes.

Sementara pawai kendaraan di Kecamatan Mardingding diikuti oleh sekitar 40 peserta dari PHBI Kecamatan Mardingding dan Kecamatan Lau Baleng dengan rute depan Mapolsek Mardingding hingga ke Mesjid Jami Lau Baleng.

Selama pelaksanaan kegiatan, situasi tetap aman dan terkendali di seluruh wilayah yang terlibat dengan pengamanan personel Polres Tanah Karo.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Kapolres Tanah Karo, AKBP Oloan Siahaan, SIK, MH, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh warga masyarakat yang telah bersama menjaga kondusifitas malam takbiran idul adha 1445 H tahun ini.

“Kami mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga ketertiban selama malam takbiran. Mari kita terus bersama-sama menjaga kedamaian dan keamanan di wilayah kita,” ujar AKBP Oloan Siahaan.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar sebagai bentuk rasa syukur dan tanggung jawab bersama.

Pengamanan malam takbiran ini menunjukkan komitmen Polres Tanah Karo dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat selama perayaan hari besar keagamaan. (R1)

Komentar