Mobil Listrik Toyota bZ4X Jadi Kendaraan Delegasi KTT ASEAN 202, Ini 3 Keunggulannya

Otomotif575 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Mobil listrik menjadi kendaraan khusus yang disiapkan dalam menyambut Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, pada 5-7 September 2023 lalu.

Ada 5 model mobil listrik dengan total 608 unit yang digunakan untuk melayani para tamu negara. Toyota-Astra Motor (TAM), misalnya, menyediakan 79 unit Toyota bZ4X utk KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, di tengah cuaca ekstrem yang tengah melanda Jakarta kini, Toyota sebagai bagian dari industri otomotif juga berupaya memberikan kontribusi maksimal untuk menjaga kualitas hidup masyarakat.

“Terimakasih kepada pemerintah Indonesia yang sekali lagi telah memberikan kepercayaan kepada Toyota untuk mendukung acara kenegaraan, ASEAN Summit 2023, dengan solusi mobilitas bebas emisi lewat Toyota bZ4X BEV,” ujar Anton Jimmi Suwandy, dalam keterangannya, Rabu (6/9/2023).

Selain mendukung kegiatan pemerintah dengan kendaraan bebas emisi, sambung Anton, Toyota juga ikut mendukung upaya pemerintah dalam pengendalian emisi lewat program uji emisi gratis di seluruh dealer Toyota di Jakarta.

Toyota bZ4X sendiri adalah mobil listrik teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) perdana Toyota di Indonesia. Produk ini dibangun dari basis platform e-TNGA atau Toyota New Global Architecture untuk kendaraan elektrik atau refinement mobil listrik.

Posisi baterai terletak di bawah lantai kendaraan serta menjadi bagian integral dari sasis. Efeknya membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigiditas bodi tinggi.

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang bisa diisi mencapai 80 persen dalam durasi sekitar 30 menit, menggunakan sistem pengisian cepat 150 kW. Serta sistem charging DC output CCS2.

Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230 V/32 A memerlukan 9-10 jam. Di Indonesia, Toyota bZ4X dipasarkan Rp1,19 miliar on the road Jakarta. (suara.com)

3 Kelebihan Toyota bZ4X, Bukan Cuma Jarak Tempuh 500 Km!

Ada beberapa kelebihan Toyota bZ4X yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, jika kamu ingin meminang mobil listrik ini. Hal tersebut penting, lantaran harganya tidaklah murah, tembus Rp 1,19 miliar (OTR Jakarta).

Banderol tersebut dikatakan mahal dan jadi kekurangan bZ4X, lantaran kompetitor yaitu Hyundai Ioniq 5 cuma dijual Rp 859 juta (OTR Jakarta). Jadi ada gap Rp 300 jutaan. Pertanyaaanya, apa yang diberikan oleh Toyota untuk kompensasi harga bZ4X yang tinggi?

Dari hasil riset kami dan test drive langsung dengannya, setidaknya ada 5 kelebihan Toyota bZ4X. Pembandingnya adalah mobil-mobil pabrikan berlogo T lain, serta kami ikut sertakan pula Hyundai Ioniq 5 selaku rival terdekat.

Keunggulan mobil listrik Toyota dengan rangka e-TNGA ini antara lain punya jarak tempuh jauh hingga 500 Km, ground clearance tinggi 210 mm, hingga memiliki fitur parkir otomatis (advanced park). Tidak cuma itu, bZ4X juga memiliki head unit layar sentuh terbesar dibanding seluruh lini produk Toyota di Indonesia yaitu 12,3 inch. Ditambah lagi fitur Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang canggih, serta T-intouch.

Ingin tahu lebih lengkap soal 3 kelebihan Toyota bZ4X? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Layar Multimedia bZ4X Terbesar Dibanding Mobil Toyota Lain

Toyota bz4X juga didukung dengan layar multimedia infotainment berukuran 12,3 inci. Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan untuk saat ini penggunaan layar multimedia berukuran tersebut adalah yang terbesar di mobil Toyota.

Layar besar itu juga dibekali teknologi Toyota Audio Multimedia with Human Machine Interface (HMI). HMI sendiri merupakan platform infotainment baru yang dirancang oleh Toyota mendukung Apple CarPlay dan Android Auto agar bekerja lebih baik. Caranya dengan menekankan proses sensorik utama seperti penglihatan, sentuhan, dan suara. HMI juga memiliki kelebihan lebih cepat 5 kali untuk pemrosesan, pengguna juga bisa mengoprasikan dengan layar dengan cara sitem cubit untuk zoom.

Head unit 12,3 inch milik bZ4X sangat mendominasi bagian dashboard, sehingga mudah dipantau namun tidak menghalangi pandangan ke depan berkat penempatan yang pas. Layar besar tersebut juga memiliki menu navigasi disertai fitur
konektivitas ke smartphone. Buat mendukung kenyamanan saat mendengar musik, Toyota bZ4X mempunyai 9-speaker JBL.

2. Fitur Advance Park

Kelebihan Toyota bz4X berikutnya adalah adanya fitur Advance Park. Fitur advanced park ini bisa membuat mobil mencari lahan parkir dan melakukan parkir secara otomatis, baik parkir mundur mau pun parallel.

“Saat berada di parkiran, kita cukup menekan tombol advanced park pada layar sentuh 12,3 inch,” kata Anton saat peluncuran Toyota bz4X di Jakarta, bebearpa waktu lalu.

Setelah itu mobil mencari ruang parkir dengan bantuan sensor sonar parkir. Sensor ini berada di bagian fender depan belakang dan kanan kiri mobil. Ada juga kamera dan sensor di bagian bawah kaca spion untuk membantu fitur ini bekerja.

“Fitur advanced park ini bisa bekerja kalau beberapa kondisi terpenuhi yakni kecepatan mobil berada di bawah 10 km/jam, pedal gas dilepas dan menginjak pedal rem serta seatbelt dalam kedaan terpasang,” kata Anton.

Setelah mobil mendeteksi adanya lahan parkir, cukup dengan menekan tombol parkir otomatis di konsol tengah dan memilih posisi parkir yang diinginkan dan menekan tulisan start, maka mobil akan bergerak sendiri untuk parkir. Mengandalkan seluruh sensor sonar parkir yang ada di mobil, Toyota bz4X akan mengendalikan setir, pedal gas serta rem dan pilihan transmisi dengan otomatis.

“Kita cukup mengawasi saja sampai benar-benar mobil itu berhenti dan sistem memberitahukan bahwa parkir otomatis selesai.”

Fitur advanced park ini disebut sebagai kelebihan Toyota bZ4X, lantaran kompetitor yaitu Hyundai Ioniq 5 belum memilikinya.

3. Baterai Toyota bZ4X Memiliki Jarak Tempuh 500 km

Kelebihan terakhir Toyota bz4X adalah daya jelajahnya atau jarak tempuhnya yang terbilang jauh. Mobil ini dibekali baterai lithium-ion kapasitas 71,4 kw yang bisa membawa mobil melaju hingga 500 Km.

Jika dibanding kompetitor, kemampuan tersebut sangat istimewa. Cek saja Lexus UX300 yang dipasarkan di Indonesia yakni hanya memiliki jarak tempuh 300 km, Hyundai Ioniq 5 cuma 481 km, dan MINI Electric bahkan hanya 270 km.

Lalu yang menarik, saat kamu membeli Toyota bZ4X dengan harga Rp 1,19 miliar, ada kompensasi pemberian dua station charger: Wall charger dengan kapasitas 7.700 watt dan portable charger dengan daya 3.500 watt.

Sementara untuk waktu pengisian baterainya menggunakan wall charger, bZ4X membutuhkan sekitar 30 menit hingga kondisi baterai mencapai 80 persen. Sementara pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230 V/32 A lewat portable charging akan memakan waktu sekitar 9-10 jam.

Toyota bZ4X juga memiliki baterai dengan garansi hingga 8 tahun atau 160 ribu Km. Bila ada kerusakan, tentu konsumen bisa langsung mengklaim garansi tersebut ke bengkel resmi. (moladin)

Komentar