Raker Perdana PT Karo Media Star, Berbenah Untuk ‘Berlari’

Inspiratif, Karo8156 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com Terbit perdana (soft launching) 20-08–2020, media digital, karosatuklik.com dibawah bendera PT. Karo Media Star, menyadari kekurangan dan kelemahan yang harus diperbaiki agar bisa kuat ‘berlari’ kencang di tengah ketatnya persaingan media siber sekarang ini serta berpacu menjadikan dirinya sebagai referensi utama bagi pembacanya.

Menyikapi hal itu, tim manajemen keredaksian Karo Satu Klik gelar rapat kerja perdana di Kantor Redaksi Jalan Pahlawan No. 23 Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sabtu (29/08/2020) Pukul 10.00 Wib hingga Pukul 15.00 WIB.

Rapat dipimpin Dewan Pembina, Firman Firdaus Sitepu SH, didampingi Pimpinan Redaksi/Penanggungjawab Robert Tarigan, SH serta turut hadir dan memberikan pendapat, Direktur dan Komisaris PT Karo Media Star, Debi Ariga, S.S dan Grace Desy RF Br Sitepu, S.Psi.

Selanjutnya, Pendiri Edward P. S.Pd., M.M, Tim IT, Erdy Pranata Barus, S.Kom, Firman Eka Sebayang, M.Par, Fotografer, Timotius Agape Kembaren, Staf Redaksi Andika S.

Raker itu juga menyepakati, penguatan tim informasi teknologi (IT), sosial media, vidio grafis, tim kreatif, dan sejumlah sarana dan infrastruktur pendukung news room agar kedepan tampilan karosatuklik.com semakin menarik, atraktif, simpatik dimata pembacanya.

Karosatuklik.com yang menyajikan konten, Karo Berita, Karo Peristiwa, Karo Niaga, Karo Agrobisnis, Karo Travel, Karo Edukasi, Karo Inspiratif, Karo Kreatif, Karo Hebat, Karo TV, Karo Galeri, Karo Lifestyle, Karo Tradisi, Karo Sport, Karo Foto, Karo News Room, dan lainnya. Tim manajemen akan berupaya konsisten memenuhi keinginan pembaca dengan menjaga kualitas fitur/konten lokal dengan lebih dalam dan lebih segar sebagai kekuatannya. Oleh karena itu keberhasilan dari sebuah tim ditentukan oleh semua komponen yang ada.

Menariknya dalam raker itu, tim penasehat hukum, John L Situmorang SH dari Kantor Hukum John L Situmorang & Partners di Jakarta ikut memberi spirit dan sumbang saran secara virtual dari Jakarta. “Kita menentukan goal setting berikut planning untuk mencapai goal, sesuai tagline inspiratif dan terpercaya,” tuturnya.

Lanjutnya, jika kita sudah memiliki goal setting dan planning maka apa pun gaya kita pasti tujuan kita sama. Misalnya, saya mau nyanyi Bengawan Solo, pastilah semua pemain musik mengetahui nadanya, soal gaya masing-masing personil bebas saja, tapi jangan lari dari nada. “Jika nada lari, lagu pun akan berantakan meskipun suara saya sebagus apa pun,” kata John L Situmorang mengumpamakan.

Bahkan ditengah kesibukannya yang padat, masih menyempatkan berbagi ilmu terkait revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) resmi berlaku usai melewati 30 hari sejak disahkan menjadi UU pada 27 Oktober 2016. Dan mulai berlaku sejak Senin (28/11/2016), kata John L Situmorang SH.

Membangun Solidaritas

Dalam rapat kerja yang penuh kekeluargaan dan keakraban itu juga turut disinggung cobaan berat yang sedang menimpa Kabupaten Karo disaat bersamaan menghadapi dua bencana sekaligus, yakni bencana alam erupsi Gunung Api Sinabung dan bencana non alam pandemi Covid-19.

Mengingat grafik kurva Covid-19 Kabupaten Karo terus melonjak tajam, per hari Sabtu 29 Agustus 2020, Pukul 15. 30 WIB, jumlah total terkonfirmasi positif sudah mencapai 110. Disaat seperti itu, manajemen dan keredaksian karosatuklik.com sepakat, ikut berkontribusi membangun kesadaran individu dalam kelompok-kelompok masyarakat untuk memutus rantai penyebaran corona.

“Di sini, perlu peran opinion leader untuk membangun kesadaran dan perubahan perilaku untuk mendukung penanggulangan bencana corona. Misalnya, saling mengingatkan untuk mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus yang menyerang tenggorokan itu,” urai Firman Firdaus Sitepu.

Solidaritas merupakan energi sosial untuk menghadapi bencana vulkanik Gunung Sinabung maupun pandemi Covid-19. Solidaritas antar warga dapat membangun kekuatan di tingkat masyarakat. “Untuk itu, media digital karosatuklik.com akan berperan sebagai penyampai informasi yang berimbang dan menginspirasi, serta menjaga independensi dalam pemberitaan Pilkada Karo 2020,” ajaknya.

Di sisi lain, pemerintah juga diminta lebih terbuka terhadap data infrastruktur dan sumber daya untuk mengatasi pandemi Covid-19. Adanya gap antara informasi pemerintah dan realitas lapangan menyebabkan ketidakpercayaan publik, termasuk pentingnya transparansi penggunaan anggaran refocusing. Selain itu, publik membutuhkan informasi akurat tentang individu dan lokasi Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan pasien positif corona, dengan tetap menjaga kerahasiaan identitas pribadi pasien.

Dengan tujuan utamanya memiliki penyebaran berita dengan dukungan tenaga handal, profesional dan tetap berpegang pada prinsip etika jurnalistik. Dimana, keseimbangan pemberitaan (cover both side) berdasarkan fakta dan nara sumber, menjadi satu hal yang wajib dilakukan oleh seluruh reporter dan kontributor yang ditugaskan untuk melakukan peliputan, tutup Robert Tarigan. Terpantau di count pengunjung situs, karosatuklik.com  sampai hari ini sudah dikunjungi sebanyak 5.400, dengan total laman sebanyak 14.200. Sementara di laman media sosial facebook karosatuklik.com sudah mencapai 500 suka/mengikuti, dan 5.000 kunjungan. (R1)

Komentar