Sandiaga Uno Venue: Aquabike 2023 Terbaik di Dunia, Pj Gubernur Sumut Sebut Target 100 Ribu Pengunjung akan Tercapai

Sumut1267 x Dibaca

Balige, Karosatuklik.com – Penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba sukses digelar. Selama tiga hari penyelenggaraan (22-24 November), progres pencapaian event tersebut terlihat bagus.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin menyebut jumlah pengunjung ditaksir sudah mendekati target sebanyak 100 ribu orang. Selain itu, tingkat okupansi hotel selama penyelenggaraan pun rata rata penuh.

Seperti di Kabupaten Toba tingkat okupansi hotel maupun penginapan penuh. Namun meski begitu, Hassanudin menegaskan bahwa selain jumlah pengunjung, keterlibatan masyarakat yang banyak juga menjadi fokus target Pemprov Sumut.

“Kami panitia daerah bukan hanya banyak pengunjung yang datang tapi bagaimana bisa melibatkan masyarakat kami dalam kegiatan ini juga sama penting, ini suatu kolaborasi budaya,” kata Hassanudin saat konferensi pers Aquabike Jetski World Championship di Media Center Aquabike, Balige, Sabtu (25/11/2023).

Menurut Hassanudin, event Aquabike tersebut merupakan kesempatan bagi Danau Toba untuk menyajikan kebudayaan, kuliner, dan UMKM pada pengunjung. “Event inilah kesempatan kami menunjukkan potensi Sumut, ke depan diharapkan ada tambahan flight (menuju Silangit),” katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Danau Toba juga dinobatkan sebagai venue Aquabike dan Powerboat terbaik dunia oleh asosiasi olahraga air H2O. Selain itu, penyelenggaraan event Aquabike pun disebut sebagai yang terbaik.

Founder H2O Racing Nicolo Di San Germano juga mengakui Danau Toba sebagai salah satu venue terbaik dunia. Menurutnya, Danau Toba sangat menarik dan unik. Ia pun mengatakan tidak tertutup kemungkinan Danau Toba menjadi tempat pelatihan untuk Aquabike dan F1 Powerboat.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo kejuaraan Aquabike tersebut bisa menjadi peluang Indonesia untuk pengembangan atlet jetski nasional. Menurutnya kegiatan tersebut membuka peluang atlet nasional Indonesia untuk meningkatkan kemampuan di dalam negeri.

“Dampak dari Aquabike ialah meningkatnya industri olahraga air, khususnya jetski, serta pembinaan atlet ke depannya,” kata Dito.

Turut hadir pada konferensi pers tersebut Bupati Toba Poltak Sitorus, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dan OPD Pemprov Sumut lainnya. (R1/Kominfo Sumut)

Komentar