Tandatangani MoU dengan Pemko Tebingtinggi Terkait Peningkatan SAKIP, Bupati Karo Sebut Bakal Lanjut Kerjasama Pertanian

Karo1751 x Dibaca

Tebing Tinggi, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang menandai kerjasama antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dan Pemerintah Kabupaten Karo tentang Sistem Informasi Ketatalaksanaan, Analisa Jabatan, Beban Kerja, Akuntabilitas Kinerja, dan Reformasi Birokrasi yang berlangsung di Balai Kota Tebing Tinggi, Jumat (23/02/2024).

Ikut serta mendampingi Bupati Karo dalam Penandatanganan MoU tersebut, Kepala Bappedalitbang, Ir. Nasib Siantur, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Karo, Frans Leonardo Surbakti, S.STP, Kabag Organisasi, Daut Sembiring, S.STP, MSP, Kabag Umum, Hotman Brahmana, SP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Natanail Perangin-angin SH, MAP.

Sementara di jajaran Pemko Tebing Tinggi, hadir Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H , M.M., CGCAE., Asisten Pemerintahan Drs. Bambang Sudaryono, Kepala OPD dan Camat atau mewakili, Kabag dan tim peliputan Diskominfo

Kehadiran Bupati Karo disambut hangat oleh Pj Walikota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si dan Pj. Sekretaris Daerah, H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M serta beberapa pejabat dilingkungan Pemko Tebing Tinggi terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Cory Sriwaty Sebayang dalam sambutannya, mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam upaya Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kabupaten Karo.

“Kami sangat menghargai kerjasama ini dan berharap aplikasi ini nantinya akan menjadi langkah penting dalam melakukan pengukuran capaian kinerja dan pengumpulan data kinerja yang terintegrasi,” ujar Bupati Cory Sebayang.

“Kerjasama ini menegaskan komitmen bersama untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta menjadi tonggak penting dalam memajukan reformasi birokrasi antar kedua daerah,” ujarnya.

Kabupaten Karo 75 Persen Pertanian

Masih pada kesempatan itu, Bupati Cory Sriwaty Sebayang menceritakan sejarah singkat demografi dan kehidupan masyarakat di Kabupaten Karo, yang mana 75 persen mata pencahariannya adalah sebagai petani.

“Kabupaten Karo sebagian besar daerahnya adalah pertanian dan pariwisata. Dan untuk itu, saya mengundang bapak ibu sekalian, datanglah ke Kabupaten Karo untuk menikmati keindahan alam Kabupaten Karo dan udaranya yang dingin,” kata Bupati Karo.

Ditambahkan Bupati Cory Sebayang, bahwa Kota Tebing Tinggi sudah tidak asing lagi bagi mereka dan telah terkenal di Sumatera Utara, terkenal akan UMKM-nya dan kebersihannya.

“Banyak harus kami belajar terutama tentang UMKM, koperasi kami akan belajar banyak dengan UMKM di Kota Tebing Tinggi. Juga dengan kebersihannya, kami juga ingin belajar. Dan kami bangga sehingga ramai yang datang kemari (acara penandatanganan),” lanjut Bupati Cory Sebayang.

Ia juga berharap, melalui penandatanganan kesepakatan bersama ini, nantinya agar Kota Tebing Tinggi mengetahui bagaimana Kabupeten Karo dan harga-harga (tanaman holtikultura) di Kabupaten Karo dan potensi lainnya.

“Dan bisa sama-sama kita terima dengan harga yang tidak terlalu tinggi, teknisnya nanti kita lakukan. Terima kasih Bapak Pj. Wali Kota, kita bisa bekerjasama penandatanganan pada hari ini. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kemajuan dua daerah yang kita sayangi,” pungkas Bupati Karo.

Sementara, Pj. Wali Kota menceritakan secara singkat letak demografi dan kehidupan ekonomi masyarakat di Kota Tebing Tinggi serta fokus Pembangunan Kota Tebing Tinggi tahun 2025 ialah sebagai kota pendidikan, kota kuliner dan kota layanan kesehatan.

“Kami sadar kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bersama-sama. Hormat kami kepada Pemkab Karo yang telah bersedia meningkatkan perjanjian kerjasama,” kata Pj. Wali Kota Syarmadani.

Terkait hal penandatangan kesepakatan bersama ini, Pj. Wali Kota mengatakan, bahwa ini sebagai suatu pemahaman kita membangun reformasi birokrasi.

Cikal Bakal Kerjasama Pertanian dan Lainnya

“Kepada ibu Bupati, ini kerja pendahulu saya. Tapi kita coba ini tetap semakin meningkat, mendukung reformasi birokrasi. Kawan OPD mendukung tercapai yang signifikan, paling tidak progresnya ada peningkatan. Ini kita manfaatkan buat dikembangkan bersama dan ini menjadi cikal bakal kerjasama yang lain,” urai Syarmadani.

Selanjutnya, Pj. Wali Kota juga berharap terjalinnya kerjasama dibidang lain, mengingat Pemkab Karo merupakan salah daerah penghasil tanaman holtikultura terbesar di Sumatera Utara.

“Sementara penyebab inflasi sangat tinggi saat ini, antara lain cabe dan tomat. Silahkan (jual) ke tempat kita, mengingat harga cabai, masih tinggi. Terimakasih kepada ibu Bupati dan rombongan, selamat datang. Mudah-mudahan ini langkah awal kita menuju kebaikan bersama antar kedua daerah,” tutur Pj. Wali Kota Tebing Tinggi.

Pantauan Jurnalis Karosatuklik.com Biro Kota Tebing Tinggi, kesepakatan bersama tersebut ditandatangani Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si dan Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang.

Adapun kesepakatan bersama tersebut dimaksudkan untuk mengadopsi aplikasi SITALAKBAJAKUNREB (Sistem Informasi Ketatalaksanaan, Analisa Jabatan, Beban Kerja, Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi) yang dimiliki Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Selain itu, sebagai upaya meningkatkan sinergi kolaborasi dan tata Kelola organisasi pemerintahan yang baik serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat antar Pemerintah Kabupaten Karo dan Pemko Tebing Tinggi. (R1)

Komentar