10 Negara Paling Rawan Gempa Bumi, Indonesia ke Berapa?

Nasional1439 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Berada di kawasan Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan dilanda bencana gempa bumi hingga gunung meletus.

Sebagai informasi, Cincin Api Pasifik adalah area pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik.

Itulah sebabnya, Indonesia sering mengalami bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung, hingga tsunami.

Di bulan Desember 2023 saja, Indonesia mengalami dua kali gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,5 di Pangandaran dan M 3,2 di Sukabumi.

Daftar Negara yang Paling Sering Terjadi Gempa

Banyak orang di berbagai negara akan menjawab Jepang jika ditanya negara yang paling rawan gempa bumi.

Itu memang benar karena Jepang berada di wilayah seismik yang sangat aktif dan memiliki jaringan seismik terpadat di dunia.

Tapi fakta sebenarnya, ternyata Indonesia berada di peringkat pertama sebagai negara yang sering mengalami gempa bumi karena berada di zona seismik yang sangat aktif.

Jika dibandingkan, ukuran zona seismik Indonesia jauh lebih besar dibandingkan Jepang.

Jika masih tidak percaya, mari simak daftar negara yang paling sering mengalami gempa bumi yang diambil dari earthquakelist.org berikut ini.

1. Indonesia

Menurut situs earthquakelist.org, Indonesia berada di peringkat pertama sebagai negara paling rawan gempa di dunia.

Berdasarkan catatan di tahun 2023, Indonesia telah mengalami 2.185 gempa bumi di berbagai wilayah dengan getaran tertinggi mencapai M 7.1 yang terjadi di Keerom, Papua, pada Sabtu, 7 Oktober 2023 kemarin.

2. Meksiko

Meksiko menjadi negara kedua yang mengalami gempa bumi terbanyak di dunia, yakni sebanyak 1820 dengan kekuatan terbesar mencapai M 6,4.

Menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC), gempa berkekuatan 6,4 magnitudo itu terjadi di Teluk California pada Minggu, 18 Juni 2023

3. Filipina

Di tahun 2023, Filipina mengalami gempa bumi sebanyak 1.291 dengan getaran terbesar mencapai M 7.6.

Sebagai informasi, gempa bumi terdahsyat itu baru saja terjadi pada 2 Desember 2023 dengan perkiraan magnitudo 7,6.

Berdasarkan laporan National Disaster Risk Reduction & Management Council, gempa bumi ini menyebabkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

Jumlah keluarga yang terdampak dari peristiwa ini mencapai 529 keluarga, dimana korban yang meninggal diketahui seorang wanita hamil.

4. Cili

Di sepanjang tahun 2023, Cili mengalami gempa bumi sebanyak 916 dengan kekuatan magnitudo terbesar mencapai M 6,6.

Menurut laporan crisi24.garda.com, gempa berkekuatan 6,6 skala Richter itu terjadi di lepas pantai Atacama, Chili, sekitar pukul 09:33 31 Oktober.

Meski pusat getarannya terjadi di perairan, gempa bumi ini tidak menimbulkan ancaman tsunami.

5. Jepang

Negara paling rawan gempa bumi selanjutnya adalah Jepang yang mengalami 872 gempa bumi di tahun 2023.

Berdasarkan catatan earthquakelist.org, dari 872 gempa bumi hanya terjadi satu gempa dengan berkekuatan terdahsyat, yaitu M 6,3.

Menurut laporan media setempat, gempa bumi itu terjadi di pantai Laut Jepang pada hari Jumat, 5 Mei 2023.

6. Turki

Turki menjadi salah satu negara yang mengalami gempa bumi terbanyak di sepanjang tahun 2023, yaitu sebanyak 868 dengan kekuatan terbesar mencapai M 7.8.

Peristiwa ini menjadi gempa bumi terdahsyat yang melanda Turki dalam lebih dari 20 tahun.

7. Papua Nugini

Papua Nugini mengalami sedikitnya 788 gempa bumi di sepanjang tahun 2023 dengan kekuatan tertinggi mencapai M 7,0.

Menurut laporan reliefweb.int, gempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter itu terjadi di Danau Chambri 98 km selatan-barat daya Wewak, Provinsi Sepik Timur.

Peristiwa itu sedikitnya mengakibatkan 4 orang meninggal dunia, 17 luka-luka, dan 300 rumah hancur.

8. Guatemala

Sepanjang tahun 2023, Guatemala mengalami gempa bumi sebanyak 748 kali dengan kekuatan tertinggi mencapai M 6.4.

Gempa bumi terbesar itu terjadi pada 18 Mei 2023 yang mengguncang negara Amerika Tengah dan sebagian Meksiko Selatan.

USGS melaporkan bahwa gempa berkekuatan 6,4 skala Richter itu terjadi pada kedalaman 252 kilometer dan pusat gempa berada skitar 2 km tenggara kota Canilla, Guatemala.

Badan bencana alam Guatemala mengatakan belum ada laporan mengenai kerusakan, sementara otoritas perlindungan sipil di negara bagian Chiapas, Meksiko selatan, mengatakan tidak ada korban luka atau kerusakan properti.

9. Suriah

Suriah menjadi salah satu negara yang paling rawan gempa bumi. Negara ini sedikitnya mengalami 723 gempa bumi di tahun 2023 dengan kekuatan terbesar mencapai M 7.8.

Gempa terbesar itu terjadi di waktu yang bersamaan saat Turki mengalami gempa bumi. Itulah sebabnya, bencana alam ini disebut Gempa Turki-Suriah.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh hotosm.org, peristiwa ini mengakibatkan hampir 2.000 kematian yang terjadi di Turki maupun Suriah.

10. Peru

Negara paling rawan gempa bumi terakhir adalah Peru yang mengalami 570 gempa bumi di sepanjang tahun 2023.

Berdasarkan catatan, negara ini pernah mengalami gempa bumi berkekuatan M 6.8 pada 18 Maret kemarin.

Selain di Peru, gempa berkekuatan dahsyat itu juga melanda sebagian wilayah Ekuador.

Risk Management Secretariat of Ecuador (SGR) melaporkan sedikitnya 13 korban meninggal dunia, 461 orang luka-luka, 89 rumah hancur dan 192 rusak.

Sedangkan National Institute of Civil Defense of Peru (INDECI) melapor ada satu orang meninggal, seorang lainnya terluka, 140 orang terkena dampak, lebih dari 50 rumah rusak atau hancur di seluruh Provinsi Tumbes. (Inilah.com)

Komentar