oleh

10 Pahlawan Digital UMKM 2020

, Karosatuklik.com – Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, Program Pahlawan Digital mengumumkan 10 inovator muda terbaik yang telah memberikan inspirasi dan solusi digital bagi UMKM.

Dari 126 pendaftar, dewan juri menyeleksi 20 besar inovator yang mengikuti pitching untuk memperebutkan posisi 10 besar atau 10 pemenang.

Melalui proses yang ketat dewan juri yang terdiri dari Stafsus Presiden Putri Tanjung, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari, dan Vice President Transformation Management Office Telkomsel Andry Firdiansyah.

Adapula sederetan nama pimpinan perusahaan raksasa digital seperti Neneng Goenadi yang merupakan Managing Director Grab Indonesia, Vertical Lead Facebook Companies Aldo Rambie, dan Head of Public Policy & Government Relations Shopee Radityo Triatmojo, telah memilih 10 besar Pahlawan 2020.

Mereka adalah Kopral, Restoku, Belanjaikan.com, Femalepreneur.id, Krealogi, Bonsay, Credibook, Chatbiz.id, Auto Pilot Store, dan Mantab.id.

Para inovator ini memiliki inovasi dan solusi digital yang menarik, mulai dari penyedia rantai pasok untuk perikanan dan menjadi penghubung antara nelayan dan konsumen, mentransformasi pedagang keliling tradisional, sampai digitalisasi koperasi.

Sementara itu, 3 besar Pahlawan Digital UMKM diraih oleh Credibook sebuah platform digital yang fokus pada financial service (jasa keuangan), dan juga membangun ekosistem digital antara pelanggan, pelaku UMKM, dan para pemasok (supplier) yang berhasil mendapatkan juara 1.

Baca Juga :  Dampak Pandemi Pengangguran Naik jadi 9,7 Juta Orang

Sedangkan Chatbiz.id sebuah layanan virtual assistant dari Kota Kembang Bandung yang membantu UMKM mengelola social commerce selama 24 jam nonstop, menempati juara 2.

Serta juara 3 disabet oleh Krealogi, platform digital berbasis di Jakarta yang fokus pada manajemen rantai pasok UMKM kriya dan fesyen, khususnya di Indonesia Timur.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan apresiasinya kepada para peraih penghargaan Pahlawan Digital UMKM. Ia mengatakan program yang digagas Stafsus Presiden Putri Tanjung tersebut sangat tepat.

Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti saat ini banyak inovator muda yang membuat inovasi dan menciptakan aplikasi untuk membantu UMKM. “Teman-teman adalah Pahlawan Digital. Saya ucapkan selamat kepada 10 pemenang. Hari ini kita semua berbahagia,” ucap Teten, Jumat (30/10/2020) di Jakarta. (Humas Kemenkop)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru