oleh

6 Kebiasaan Picu Kolesterol

Jakarta, Karosatuklik.com – Kolesterol tinggi bisa muncul tanpa gejala, Anda mungkin berisiko bahkan tanpa menyadarinya.

Dalam hal ini, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Melansir dari Eat This, Mayo Clinic menyatakan bahwa berikut adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kolesterol jahat, antara lain:

1. Pola Makan Buruk

Konsumsi lemak jenuh yang ditemukan dalam produk hewani dan lemak trans ditemukan di beberapa kue dan cemilan yang dipanggang atau digoreng. Makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

“Daging merah dan produk susu berlemak penuh, juga akan meningkatkan kolesterol Anda,” catat Mayo Clinic.

2. Obesitas

Memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih (obesitas) membuat Anda berisiko tinggi kolesterol.

3. Kurang

Olahraga membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) tubuh Anda sambil meningkatkan ukuran partikel yang membentuk kolesterol jahat (LDL), yang membuatnya tidak terlalu berbahaya.

Baca Juga :  Denny Siregar Heran: Emang Kenapa Kalau Jokowi Promosi Babi Panggang?

4. Merokok

Merokok merusak dinding pembuluh darah Anda, membuatnya lebih rentan menumpuk timbunan lemak. Merokok juga dapat menurunkan tingkat HDL, atau kolesterol baik.

5. Usia

Kimiawi tubuh Anda berubah seiring bertambahnya usia. Hal ini yang juga meningkatkan risiko kolesterol Anda. Misalnya, seiring bertambahnya usia, hati Anda menjadi kurang mampu untuk menghilangkan kolesterol LDL.

6. Diabetes

Gula darah tinggi berkontribusi pada tingkat kolesterol berbahaya yang lebih tinggi. Kondisi ini menurunkan kolesterol HDL. (suara.com)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Topik Terkait