Ada Program Guru Penggerak, Jokowi Yakin Kualitas dan Kesejahteraan Guru Makin Baik

Nasional436 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Indonesia dalam waktu dekat akan memiliki guru-guru yang berkualitas baik dan sejahtera kehidupannya. Apalagi saat ini program Guru Penggerak sudah melahirkan 50.000 calon pemimpin pendidikan masa depan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri perayaan puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

“Saya dapat laporan dari Pak Mendikbud Ristek, kita sekarang ini sudah memiliki 50.000 guru penggerak, 9.000 di antaranya sudah menjadi kepala sekolah. Besar harapan saya jumlah ini dapat terus meningkat, tahun depan tadi disampaikan mencapai kurang lebih 100.000, sehingga kita memiliki pemimpin-pemimpin sekolah yang terampil, berinovasi, bertransformasi,” kata Jokowi.

Program Guru Penggerak sendiri merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

Jokowi menyampaikan, pada 2021-2022 terdapat 544.000 guru honorer yang lolos seleksi guru Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K). Pada 2024, targetnya akan mencapai 1 juta.

“Saya yakin dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki guru-guru yang berkualitas baik, yang maju pola pikirnya dan sejahtera kehidupannya. Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi ibu dan bapak guru, terus berkarya, terus berinovasi dan terus bertransformasi,” kata Jokowi. (R1/BeritaSatu)

Komentar