Bupati Cory Sebayang Dampingi Mbelin Brahmana Lantik DPD Pemuda Merga Silima Kabupaten Karo Periode 2023 – 2028

Karo2013 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang hadiri Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Karo Periode 2023-2028 bertempat di Balai Milala Mas, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Jumat (19/01/2024).

Prosesi pelantikan ini dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pimoinan Pusat (DPP) Pemuda Merga Silima (PMS) Mbelin Sembiring Brahmana.
Adapun pengurus DPD PMS Kabupaten Karo Oeriode 2023-2028 yang dilantik adalah Bebas Sinulingga sebagai ketua, Roy Syahputra Sembiring sebagai sekretaris, dan Dananta Barus sebagai bendahara.

Ketua Umum DPP PMS, Mbelin Brahmana dalam arahannya, menyatakan bahwa organisasi PMS telah berdiri selama bertahun-tahun, serta mengingatkan pengurus, kader dan simpatisan PMS, untuk menjaga nama baik organisasi tersebut dan menjalin kerjasama dengan Pemerintah dan pihak lainnya.

“Setiap anggota harus memberikan kontribusi yang nyata dan memainkan peran penting dalam membangun Kabupaten Karo,” ujarnya.

Diakhir sambutan, Mbelin Brahmana menjelaskan DPD PMS juga sudah hadir di beberapa daerah lain. Ia berharap, walau merupakan organisasi suku, namun PMS merupakan milik semua suku.

“Saya berharap kehadiran PMS akan membawa persatuan dan kesatuan, terlebih PMS harus bisa mengambil peran membantu tugas pemerintah untuk mendukung pembangunan dimana PMS itu berada,” kata Brahmana mengakhiri.

Karo Miniaturnya Indonesia

Sementara, Bupati Karo Cory Sebayang menyampaikan pesan pada pengurus PMS yang dilantik untuk terus meningkatkan kekompakan dan menguatkan karakter kekeluargaan di dalam organisasi PMS sesuai spirit kearifan lokal masyarakat Karo.

“Para pemimpin dalam organisasi agar menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya, serta dapat menjalin kerjasama dan memberikan kontribusi positif dan dukungan untuk membantu kemajuan Tanah Karo Simalem,” katanya.

Disebutkannya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya yang dipengaruhi oleh wilayah yang sangat luas

“Tak ubahnya Kabupaten Karo, cara-cara hidup, dan bertutur karena perbedaan yang sangat beragam, namun tetap bersatu dalam kebinekaan dibingkai kuatnya pengaruh budaya kita. Kabupaten Karo bisa dijadikan sebagai miniaturnya Indonesia karena memiliki keberagaman dan perbedaan yang menyatukan,” katanya.

“Untuk itu, dengan hadirnya PMS bersama seluruh masyarakat Karo tidak mudah terprovokasi apalagi di tahun politik, kita harus mengutamakan nilai-nilai persatuan dan kesatuan,” pesan Bupati Cory Sebayang.

Sejarah Singkat Lahirnya Pemuda Merga Silima

Sejarah singkat berdirinya PMS sejak tahun 1985 diawali dari pemuda-pemuda Karo di terminal Medan yang sering terjadi perselisihan, karena berbagai penyebab.

Untuk menyatukan perbedaan dan mencegah perselisihan itu, beberapa pemuda menginisiasi dibentuknya wadah yang menyatukan.

Untuk itu perlu sebuah wadah pemersatu agar tidak ada lagi sengketa. Itulah awal terbentuknya PMS,. (Redaksi1)

Baca Juga:

  1. Lantik DPD Pemuda Merga Silima Kabupaten Karo Periode 2022-2027, Mbelin Brahmana: PMS Rumah Besar Masyarakat Karo
  2. Mbelin Brahmana Kembali Pimpin DPP PMS, Bupati Cory Sebayang: Jaga Marwah Suku Karo dan Lestarikan Adat dan Budaya Kita
  3. DPP Pemuda Merga Silima Apresiasi Gubernur dan Ketua DPRD Sumut Realisasikan Dua Jalan Alternatif Medan – Berastagi di 2022

Komentar