Hadiri Kosmos TA 2024 di Makodim 0205 Tanah Karo, Wakil Bupati: Perkuat Mitigasi dan Kolaborasi Hadapi Dampak Perubahan Iklim Global

Karo1666 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting menghadiri Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Aparat Pemerintah Tahun Anggaran (TA) 2024 di Makodim 0205/Tanah Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting, Desa Raya, Berastagi, Senin (22/1/2024).

Turut hadir, Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, Kajari Karo, Tri Sutrisno, SH, MH, Kasdim 0205/TK, Mayor Cba. Jonny Siboro dan Kepala Bakesbangpol, Tetap Ginting, S.Sos.

Komunikasi Sosial ini dipimpin oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad, Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. melalui aplikasi zoom meeting, dengan mengangkat tema “TNI AD bersama rakyat siap untuk menghadapi dampak perubahan iklim global”.

Aster Kasad dalam sambutannya menyampaikan, upaya yang dapat dilakukan oleh TNI AD dalam mengatasi ancaman ini salah satunya melalui kegiatan penyelenggaraan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah.

Maka tujuan kegiatan ini, lanjut Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, adalah untuk mendapatkan masukan tentang perkembangan situasi iklim global saat ini, sehingga kita semua mengantisipasi dampak perubahan iklim tersebut.

Aster Kasad berharap, kedepannya terwujudnya kolaborasi antara aparat Pemerintah, TNI AD, masyarakat dan seluruh komponen bangsa dalam menciptakan sinergi untuk menghadapi perubahan iklim.

Selain itu, juga memberikan wawasan dan pemahaman akan potensi yang kita miliki, dan solusi menghadapi perubahan iklim tersebut, serta terwujud nya komunikasi TNI AD dan pemerintah serta komponen bangsa lainnya guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Diperkirakan untuk musim hujan tahun ini kemungkinan akan Lebih pendek, namun intensitasnya cukup deras dan bisa kita lihat di beberapa daerah terjadi banjir dan tanah longsor,” kata Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting, mengatakan, pihaknya akan melaksanakan arahan Bapak Aster Kasad ini di Kabupaten Karo.

“Kondisi geografis Kabupaten Karo yang memang rawan longsor, gempa dan erupsi Gunung Sinabung di sejumlah lokasi, sangat membutuhkan mitigasi kebencanaan, kolaborasi dan sinergitas yang kuat antar seluruh pemangku kepentingan di daerah guna mengatasi hal ini,” tuturnya.

Tujuan Vidcon tersebut untuk menyampaikan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akibat perubahan iklim yang semakin meningkat.

Selain itu, pengendalian oprasional dan monitoring terpadu melalui pembentukan satgas terpadu, pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan dan meningkatkan penerapan penegakan hukum yang tegas. (Redaksi1)

Baca Juga:

  1. Tingkatkan Literasi Kebencanaan, BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempabumi di Berastagi
  2. Wujudkan Masyarakat Karo Siaga Gempabumi, BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang Gelar SLG Selama Dua Hari
  3. Kapuspen TNI: Komitmen TNI Netral Pada Pemilu 2024, Ada Sanksi Menanti Bagi Prajurit TNI yang Tidak Netral

Komentar