Bupati Cory Sebayang Launching Portal Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Karo “Kata Sada”

Karo1729 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Data Bukan hanya sekedar kumpulan angka, tetapi cerminan dari realitas yang kompleks di sekitar kita. Data adalah jendela yang membuka peluang untuk memahami, merencanakan dan bertindak dengan lebih bijaksana.

Demikian hal itu disampaikan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karo, Drs.Kamperas Terkelin Purba, M.Si, saat melaunching Portal Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Karo Tahun 2024 di Aula Kantor Bupati, Jalan Letjen Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Rabu,(8/5/2024).

Menurut Cory Sriwaty Sebayang, portal Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Karo “Kata Sada” merupakan singkatan dari “Karo Tangguh Satu Data” memiliki peran yang sangat strategis dan penting bagi kemajuan Pemkab Karo di tengah era digitalisasi sekarang ini.

Lebih lanjut dikatakan, data bukan hanya sekedar kumpulan angka, tetapi cerminan dari realitas yang kompleks di sekitar kita. Data adalah jendela yang membuka peluang untuk memahami, merencanakan dan bertindak dengan lebih bijaksana.

“Peluncuran Portal Satu Data Indonesia bukan semata mata untuk mengejar trend teknologi, tapi memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk mengakses informasi berharga,” imbuhnya.

“Portal Kata Sada menggambarkan semangat transparansi dalam menjalankan roda pemerintahan. Dari Portal Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Karo, kita mungkin dapat menemukan pengetahuan dan wawasan yang tersembunyi diantara data,” tegas Bupati.

“Saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan sumber daya ini dengan bijaksana, demi kemajuan dan pembangunan yang berkelanjutan bagi tanah Karo yang sama sama kita cintai ini. Saya sangat mengapresiasi usaha danupaya Dinas Kominfo Kari selaku wali data daerah dalam pembangunan Portal Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Karo,” ujarnya.

“Untuk semua OPD teruslah memproduksi data secara konsisten serta melakukan perbaikan pada data sehingga dapat lebih akurat dan bermanfaat bagi semua,” pesan Bupati Cory Sebayang.

Acara dilanjutkan dengan Launching Portal Kata Sada oleh Bupati Karo dengan melakukan scan telapak tangan pada layar untuk kemudian dapat menampilkan video Perkenalan Portal Kata Sada.

Usai peresmian portal dan pemutaran video, dilanjutkan dengan talk show tentang Portal Kata Sada untuk Karo Maju yang di Moderatori oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Karo Daut Sembiring, S.STP, M.SP, dengan narasumber Kepala Bapedalitbang Ir. Nasib Sianturi, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo Frans Leonardo Surbakti, S.STP, Kepala Badan Pusat Statistik Karo Ratnauli Naibaho dan Tim Usaid Erat selaku Pembina Data Kabupaten Karo Harry Hasan serta Waspada Sinulingga selaku koordinator perancangan Portal Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Karo.

Diujung acara diadakan juga sesi tanya jawab (dialog) bersama para narasumber dilanjutkan dengan quis berhadiah seputaran Portal Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Karo Kata Sada yang pada kesempatan tersebut dimenangkan oleh Bram Brahmana, Gita dan Jones Tarigan.

Turut hadir dalam acara tersebut, para Asisten Setda Karo, para Staff Ahli Bupati Karo, para Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Karo, Kepala Bagian di lingkungan Setda Kabupaten Karo serta para pimpinan Bank di Kabupaten Karo dan insan pers. (R1)

Baca Juga:

  1. Wujudkan Layanan Satu Data, Bupati Karo Tandatangani MoU Dengan PT Telkom Indonesia
  2. Wujudkan Satu Data Indonesia: Diskominfo Karo Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral
  3. Ilyas Sitorus Harapkan Forum Satu Data Indonesia Hasilkan Data Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan yang Berkualitas

Komentar