Bupati Karo Dukung Sinergi Daerah Untuk Pembangunan IKN Nusantara

Karo1681 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) perdana Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan tema “Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia untuk Semua”. Acara tersebut dilaksanakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, pada Kamis, 14 Maret 2024.

Rapat Koordinasi Nasional ini digelar sebagai upaya pengenalan Ibu Kota Nusantara sebagai loncatan peradaban Indonesia, serta upaya menggali potensi kerja sama Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang mengatakan, Pemerintah Kabupaten Karo mendukung sinergi pembangunan IKN Nusantara.

Menurutnya, kolaborasi dan sinergi antar lembaga merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan peradaban baru yang berdampak positif bagi kemajuan Tanah Air.

“Kami berharap potensi-potensi dan kearifan lokal yang kita miliki di daerah, harus berperan dan turut menghiasi IKN nantinya,” imbuh Bupati Karo yang turut didampingi Kepala Bapedalitbang Kabupaten Karo, Ir Nasib Sianturi.

Rapat koordinasi IKN Nusantara menghadirkan pembicara, diantaranya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri PUPR RI, Basuki Hadi Mulyono, Menteri ART dan Tata Ruang/Kepala BPN RI, Agus Harimurti Yudhoyono, beserta Kurator IKN, Ridwan Kamil dan beberapa pemateri lainnya.

Kepala OIKN, Bambang Susantono mengatakan bahwa pertemuan antara Pemerintah Daerah dan Kementerian/Lembaga dalam rakornas ini dapat membangkitkan gairah OIKN untuk mewujudkan nusantara sebagai salah satu tonggak Indonesia Emas.

Menurutnya, kolaborasi dan sinergi antar lembaga merupakan kunci keberhasilan untuk mewujudkan peradaban baru yang berdampak positif bagi kemajuan Tanah Air.

Dirinya merasa terhormat dan juga bersyukur berada di sini bersama dengan para pemangku kepentingan rekan-rekan saya baik dari pemerintah daerah maupun kementerian dan lembaga yang memiliki visi yang sama dalam membangun masa depan Indonesia menuju Indonesia emas tahun 2045.

Bambang menambahkan, membangun IKN bukanlah sekedar membangun infrastruktur dan gedung-gedung fasilitas pemerintah semata. Namun merupakan langkah transformasi ini membuat peradaban baru dengan memperkenalkan budaya kerja baru, pola pikir baru dan sebuah basis ekonomi baru di Indonesia.

Menurutnya lagi, pembangunan IKN juga merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menyebarkan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa.

“Untuk mewujudkan hal tersebut kolaborasi dan sinergi antar pemangku kepentingan menjadi sangat vital sesuai semangat tata kelola pemerintah yang baik,” jelasnya.

Rakornas tersebut diikuti sebanyak 514 Bupati dan Walikota serta 38 Gubernur se-Indonesia dengan mengangkat tema “Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara Untuk Mewujudkan Kota Dunia Untuk Semua”. (R1)

Komentar