Gema Takbir dan Pawai 1.000 Obor Meriahkan Idulfitri 1445 H di Kabupaten Karo, Cory Sebayang: Ekspresi Gembira Menyambut Hari Kemenangan

Karo2329 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Malam Takbiran dan Pawai Obor menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah di Kota Kabanjahe dan Berastagi, Kabupaten Karo berlangsung meriah dan semarak yang diikuti oleh ribuan umat muslim. Acara tersebut dilaksanakan di Taman Kota Jalan Veteran Kabanjahe dan Masjid Raya Berastagi, Selasa malam (09/04/2024) Pukul 08.00 WIB.

Pawai tersebut berlangsung bersamaan di dua tempat yakni di Kota Kabanjahe dan Berastagi.

Kegiatan ini cukup meriah dengan antusias masyarakat di halaman parkir Kantor DPRD Kabupaten Karo dan Mesjid Raya Berastagi.

Peserta pawai obor dan takbiran dilepas oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan, S.Sos bersama anggota DPRD, M.Rapi Ginting, Kabag Ops Polres Tanah Karo, Kompol Abdi Abdullah, SH, pengurus dan utusan ormas Islam di Kabupaten Karo.

Dalam sambutan Bupati Cory Sriwaty Sebayang yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Karo, Cory Sriwaty Sebayang mengapresiasi acara Takbiran dan Pawai Obor tersebut.

Dia menyambut baik kegiatan takbiran dan pawai 1.000 obor yang dilaksanakan serta mengajak seluruh masyarakat agar selalu menjalin silahturahmi dan persaudaraan.

Ekspresi Kegembiraan Menyambut Hari Kemenangan

Pawai obor, sambung Cory Sebayang, sebagai bentuk ekspresi kegembiraan umat Islam merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah setelah berpuasa pada Ramadhan.

“Hari kemenangan dimaksudkan dalam konteks Islam yakni kemenangan melawan hawa nafsu selama sebulan, menahan hal-hal bersifat negatif melalui ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan dan puncak kemenangan adalah Lebaran Idul Fitri,” kata Bupati perempuan pertama di Kabupaten Karo itu

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada kita semua yang berkenan hadir dengan tulus, ikhlas dan bergembira dengan sudi meringankan langkah dan meluangkan waktu untuk mengikuti pawai obor malam takbiran pada hari ini,” ucapnya.

Menurut Bupati, salah satu tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menyambut hari kemenangan dan mempererat hubungan silahturahmi dan persaudaraan kita. “Mari kita saling memaafkan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri,” kata Cory Sebayang.

Sementara Ketua Panitia, Wandi Surbakti, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Karo, Kapolres, Dandim dan DPRD Karo serta undangan lainnya yang telah mendukung kegiatan tersebut.

Acara pawai obor dan takbiran tersebut dimeriahkan oleh puluhan mobil hias dan peserta pawai sambil konvoi mengelilingi kota kabanjahe dan ditutup dengan pemberian piala kepada peserta pawai terbaik.

Pantauan Jurnalis Karosatuklik.com, personil Polres Tanah Karo dibantu aparat TNI tampak memberikan pengawalan dan pengamanan sepanjang route Pawai Malam Takbiran di Kabanjahe dan Berastagi.

Pergelaran pawai takbiran ini diikuti oleh mobil hias sebanyak 40 unit R4 dan 4 unit ambulance serta 60 unit R2 dan juga peserta pawai obor berjumlah lebih kurang 1.000 (seribu) orang di dua lokasi tersebut, dengan rute melintasi keliling jalur lintas Kecamatan Kabanjahe dan juga Berastagi.

Polres Tanah Karo Berikan Pengamanan

Pada kesempatan itu, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, melalui Kabag Ops Kompol Abdi, menyebutkan, pihaknya memastikan keamanan dan kenyamanan peserta dalam pelaksanaan pawai takbiran, kita dari Polres Tanah Karo memfokuskan pengamanan di dua lokasi yakni Kecamatan Kabanjahe dan Berastagi, ujar dia.

Alhamdulillah pelaksanaan pawai takbiran di dua lokasi prioritas ini berjalan dengan aman dan tertib”, kata Kabag Ops.

Ditambahkan Kabag Ops, beberapa Polsek jajaran juga turut melaksanakan kegiatan serupa di wilayah masing masing Kecamatan, memberikan pengamanan dalam kegiatan memeriahkan malam takbiran demi terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terkhusus yang melaksanakan acara menyambut hari raya idul fitri 1445 H, ungkap Kompol Abdi Abdullah. (R1)

Komentar