Hari Literasi Nasional 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo Gelorakan Budaya Membaca

Karo1448 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Hari Literasi Nasional diperingati pada tanggal 8 September setiap tahunnya. Hari Literasi Nasional juga disebut dengan perayaan Hari Literasi tidak hanya pada skala nasional atau di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia.

Hari Literasi atau Hari Aksara Internasional pertama kali dicetuskan pada 1967 oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Seperti diketahui, Peringatan Hari Literasi Nasional 8 September 2022, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi telah menerbitkan Surat Edaran No 045/10267/2022 pada 5 September 2022 tentang gerakan Sumut membaca, tentunya hal tersebut bertujuan sebagai upaya mendorong percepatan pemasyarakatan minat baca.

Mengajak Masyarakat Gemar Membaca

Sebagai dukungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di Kabupaten Karo, Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Karo mengajak masyarakat bersama sama menerapkan membaca buku setiap hari.

Dra. Rehjorena Br Purba selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karo, mengatakan perpustakaan bukan hanya sebagai tempat penyimpanan buku, melainkan melalui perpustakaan terciptanya inovasi baru di kalangan masyarakat khususnya di desa, ujarnya Kamis (8/9/2022).

Menurut Rehjorena Br Purba, sebelumnya juga pihaknya, menggelar Safari Literasi ke sejumlah pelosok dan desa, sebutnya.

“Tujuannya, kita menggelorakan semangat membaca dan menulis masyarakat. Keahlian menulis lahir dari kebiasaan membaca,” imbuh Rehjorena Br Purba.
“Namun demikian, untuk mencapai tujuan itu, membutuhkan kerja sama yang melibatkan banyak pihak,” ungkapnya.

Tidak Ada Kemajuan Tanpa Membaca

Ia mengajak semua pihak untuk meningkatkan budaya baca. “Tidak ada kemajuan tanpa membaca. Mendapat pengetahuan dengan menonton televisi, media sosial, bisa saja. Namun dengan membaca kita bisa mengetahui secara rinci tentang suatu hal,” pesannya.

Menyinggung kegiatan pada Peringatan Hari Literasi Nasional, Kamis 8 September 2022, Rehjorena Br Purba mengungkapkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten kembali melaksanakan Safari Literasi Membaca ke sejumlah sekolah dan desa di Kabupaten Karo.

Sekolah yang dikunjungi dengan Mobil Perpustakaan Keliling yakni, antara lain SMP Negeri 4 Kabanjahe, SMP Xaverius 1 Kabanjahe, SD 6, SD 3, SD 040500 Desa Jinabun Kecamatan Kutabuluh, SMP Negeri 1 Tigabinanga, SMP Letjen Jamin Ginting Berastagi, SMP Negeri Satu Atap Barusjahe, SMP Negeri 1 Munte, ujar dia.

“Sambutan dan apresiasi dari sejumlah sekolah yang dikunjungi itu sangat antusias. Artinya, kita akan terus berupaya hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya anak-anak kita dalam rangka menumbuhkan minat baca sejak usia dini,” urainya.

“Sebab pada masa keemasan anak-anak sangat penting di tanamkan rasa cinta mereka untuk menyenangi bacaan, kita hadir dengan menyediakan ratusan jenis buku bacaan agar bisa di baca dan di manfaatkan oleh anak-anak kita,” terang Rehjorena Br Purba. (R1)

Baca juga:

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Lomba Perpustakaan Desa Terbaik Tingkat Kabupaten Karo Tahun 2022, Ini 6 Desa Pemenang Terbaik

3. Rekreasi Edukatif Akhir Pekan di Taman Kota Kabanjahe

2. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo Gelar Safari Literasi