KPI: Ragam Anugerah jadi Tolok Ukur Lembaga Penyiaran Berkualitas

Entertainment217 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menaruh harapan bahwa berbagai ajang perhelatan anugerah atau penghargaan yang mereka selenggarakan selama ini dapat menjadi tolok ukur bagi setiap lembaga penyiaran untuk menghadirkan program-program berkualitas bagi publik di Tanah Air.

“Selama ini mungkin KPI identik sebagai lembaga yang mengawasi televisi dan radio, serta terkait pula dengan pemberian sanksi bila ada pelanggaran yang dilakukan oleh lembaga penyiaran terkait konten-konten yang disiarkan.”

“Tetapi selain menegakkan aturan, kami juga menjalankan amanat Undang-undang Penyiaran No.32 tahun 2002 agar konten-konten siaran yang ditayangkan televisi dan disiarkan radio sesuai dengan aturan main yang ada,” tutur Anggota KPI Pusat Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran Tulus Santoso saat sesi jumpa media KPI Awards 2023 di Jakarta, Minggu (26/11/2023)

Tulus mengatakan bahwa selain mengawasi jalannya peraturan tersebut, pihaknya juga memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan sedikitnya sebanyak 3 kali setiap tahun.

“Pertama adalah Anugerah Syiar Ramadhan, lalu ada Anugerah Penyiaran Ramah Anak. Keduanya sudah kami laksanakan pada kesempatan sebelumnya. Terakhir adalah KPI Awards 2023 yang merupakan anugerah secara keseluruhan. Harapannya, anugerah-anugerah ini bisa menjadi semacam tolok ukur bagi lembaga penyiaran untuk kemudian menghadirkan tayangan-tayangan atau siaran berkualitas,” papar Tulus menerangkan.

Lebih lanjut Tulus memaparkan bahwa ragam anugerah yang dihadirkan oleh KPI sekaligus menjadi rekomendasi bagi khalayak untuk memilih tayangan-tayangan atau siaran radio yang layak untuk ditonton atau didengarkan.

“Harapan kami akan semakin banyak lagi program yang dibuat memenuhi aturan yang berlaku dan berkualitas, sehingga publik bisa mendapatkan banyak pilihan tayangan atau siaran,” imbuh dia.

KPI Awards 2023 mengusung tema “Ecobroadcasting – Peduli Lingkungan Melalui Penyiaran” yang merupakan ajang tertinggi apresiasi KPI untuk lembaga penyiaran, pemerintah daerah, KPID dan insan penyiaran yang telah berjasa serta berkontribusi besar pada dunia penyiaran di Tanah Air.

Perhelatan ini menampilkan sebanyak 25 kategori dengan dewan juri terdiri atas anggota Komisi I DPR RI, anggota KPI Pusat, perwakilan Kementerian dan Lembaga, serta perwakilan masyarakat.

Pada anugerah tahun ini, KPI menerima materi lomba sebanyak 469 program siaran yang terdiri atas 213 program siaran TV dan 256 program siaran radio. Semua materi tersebut telah lulus uji awal dan verifikasi dari panitia.

Pengumuman pemenang Anugerah KPI 2023 akan disampaikan di acara puncak anugerah yang dimulai pukul 19.30 WIB malam ini dan disiarkan secara langsung oleh LPP TVRI. (Ant)

Baca Juga:

  1. Inilah Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022
  2. Deretan Program Televisi-Radio yang Masuk Nominasi Anugerah KPI 2022
  3. Daftar Lengkap Pemenang Festival Film Indonesia 2023

Komentar