Menparekraf RI Apresiasi Even Wisata Festival Bunga dan Buah Kabupaten Karo 2023

Karo447 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melalui Direktur Utama Badan Otoritas Borobudur Kemenparekraf Agustin Perangin-angin mengapresiasi terselenggaranya Festival Bunga dan Buah Kabupaten Karo di Taman Mejuah-Juah Kita Wisata Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut).

“Saya sangat mengapresiasi acara festival bunga dan buah di Karo ini, dan juga konsepnya cukup bagus,” kata Direktur Utama Badan Otoritas Borobudur Kemenparekraf Agustin Perangin-angin, di Berastagi, Jumat malam, usai acara pembukaan yang diresmikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Ia menyebutkan, di antaranya adanya pawai mobil hias yang dilakukan oleh masyarakat Karo yang menampilkan hasil pertanian dan budaya di daerah ini. “Cukup ramai yang mengikuti pawai tadi sampai tiga jam lamanya, dan pengunjung juga banyak,” ujarnya pula.

Selain itu, banyaknya anak muda dari pelajar SMP maupun SMA yang menampilkan tarian khas Karo dan budaya lainnya menunjukkan dampak positif bagi generasi masa depan di daerah ini. “Artinya, regenerasi budaya tersebut menjadi modal yang cukup baik untuk melestarikan budaya setempat,” kata Agustin.

Dia menyakini acara yang masuk agenda Karisma Event Nusantara (KEN) akan ramai nantinya. Sebab, Berastagi merupakan destinasi yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara di Sumut. “Lihat saja jalan lintas menuju ke Berastagi macet, ini membuktikan wisatawan yang datang (ke Berastagi) cukup banyak,” ujarnya pula.

Adanya permintaan Pemkab Karo ingin meminta bantuan untuk memajukan acara festival bunga dan buah ke depannya agar lebih baik, Agustin mengatakan pihaknya akan mengajukan ke menteri. “Kami akan ajukan permintaan itu,” ujar Agustin.

Dibanjiri Puluhan Ribu Pengunjung, Festival Bunga dan Buah Berjalan Sukses Festival Bunga dan Buah 2023, berjalan dengan sukses. Antusias pengunjung untuk menyaksikan even periwisata Karo itu sangat luar biasa.

Diperkirakan lebih dari 50 ribu pengunjung hadir di lokasi Taman Mejuahjuah tempat berlangsungnya acara yang digelar selama tiga hari (Jumat, 7 Juli – Minggu 9 Juli 2023)

Hal itu dikatakan Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang sebelum penutupan Festival Bunga dan Buah 2023 di Open Stage Taman Mejuahjuah Brastagi.

Menurutnya event pariwisata yang menyajikan berbagai perlombaan, atraksi dan hiburan ini, sangat luar biasa sambutan masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Sumut.

Bahkan pengunjung dan wisatasan dari luar Sumut hingga wisatawan mancanegara cukup antusias menyaksikan even wisata di kota dingin Berastagi ini.

Dari perkirakan sementara panitia, total jumlah pengunjung selama event Festival Bunga dan Buah ini kurang lebih 50.000 jiwa, dengan nilai transaksi/putaran uang selama event prediksi awal sebesar ratusan juta rupiah dan okupansi hotel berada pada angka 100% selama event ini berlangsung.

Untuk itu saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Karo, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, unsur Forkopimda Sumut dan Kabupaten Karo, para panitia, sponsor, partisipan dan stakeholder atas segala dukungan dan peran sertanya, sehingga Festival Bunga dan Buah ini dapat berjalan dengan baik.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Karo, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi- tinginya kepada semua pihak yang telah berperan dan bahu membahu mendukung kesuksesan acara ini. Harapan kita semoga Festival Bunga dan Buah tahun – tahun berikutnya dapat lebih baik lagi,” ujar Bupati. (R1)

Komentar