Pastikan Penghitungan Suara Pemilu Tanpa Kecurangan, Kapolres Karo dan Pamatwil Polda Sumut Pantau TPS Hingga Dini Hari

Karo1954 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Hingga malam dini hari penghitungan suara Pemilu 2024 di seluruh TPS Kabupaten Karo, masih berjalan. Proses penghitungan suara seperti untuk Capres dan Cawapres serta Caleg dan DPD oleh petugas KPPS didampingi Panwas dan dikawal oleh Polri.

Dalam proses penghitungan suara turut dipantau langsung oleh Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi saat turun kelapangan bersama Kombes Pol Bostang Panjaitan dan AKBP Ronnh Nicolas Sidabutar, selaku Pamatwil dari Polda Sumatera Utara.

Dia menegaskan pihaknya melakukan ptroli ke TPS-TPS yang sedang melakukan hitung suara bersama Pamatwil Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Bostang Panjaitan dan AKBP Ronnh Nicolas Sidabutar.

“Kami melakasanakan Patroli untuk memastikan proses penghitungan suara berjalan lancar dan tanpa kecurangan,” ujar Kapolres Tanah Karo Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Wahyudi dalam keterangan resminya kepada Redaksi Karosatuklik.com, Rabu dini hari (14/2/2024).

Lanjut eks Kapolres Dairi itu, tak hanya mengecek proses perhitungan suara, kami juga melaksanakan Patroli R4 dan R2 bersama jajaran mengantisipasi adanya pergerakan massa konvoi pasca keluar hasil quick count oleh beberapa lembaga survey dan menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif.

Antisipasi Pergerakan Massa Paska Keluar Hasil Quick Count

“Jajaran Polres Tanah Karo terus mengawal setiap tahapan pelaksanaan pemilu 2024 di seluruh TPS Kabupaten Karo. Pengamanan hingga selesai pelaksanaan rekapitulasi, dilaksanakan sampai dini hari, selanjutnya, personel tetap mengawal pergeseran logistik surat suara dari tiap TPS ke Kantor PPK kecamatan masing-masing hingga nanti pleno tingkat PPK dan pleno tingkat Kabupaten oleh KPU Kabupaten Karo,” sebutnya.

Menyinggung pelaksanaan pemilu di Kabupaten Karo, Kapolres menyebutkan, secara umum proses pemungutan dan penghitungan surat suara di seluruh Kabupaten Karo berlangsung aman dan terkendali. Saat ini, tahapan pendistribusian surat suara pemilu dari TPS ke PPK Kecamatan masih berlangsung, dan tetap kami kawal pelaksanaanya menghindari hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Proses penghitungan suara berlangsung hingga dini hari, karena terdapat 5 jenis surat suara yang harus dihitung yakni Surat Suara Capres-Cawapres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD RI.

“Pengawalan melekat tetap kami lakukan, dan sampai saat ini personel masih melekat di obek pengamanan TPS yang dijaga hingga dikawal ke Kantor PPK tiap Kecamatan,” lanjut AKBP Wahyudi.

Tidak hanya sampai di PPK, hingga nanti kegiatan Pleno di PPK, pengantaran hasil pleno PPK ke KPU Kabupaten sampai ke KPU Provinsi akan dikawal terus oleh personel Polres Tanah Karo.

“Walaupun di beberapa media sudah muncul hasil Quick Count, kami himbau untuk para simpatisan pendukung baik yang menang atau kalah untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif dan damai,” harapnya.

“Doa dan harapan kita, seluruh proses tahapan Pemilu 2024 ini berjalan damai, aman dan kondusif hingga dilantiknya Presiden Republik Indonesia nanti termasuk pelantikan anggota DPR, DPD hingga DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Karo,” pungkasnya. (Redaksi1)

Komentar