Pemkab Karo dan Forkopimda Sambut Pembalap Event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Pantai Sinalsal Tongging

Karo1169 x Dibaca

Tongging, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten Karo bersama Forkopimda sambut para pembalap event Aquabike Jetski World Championship yang tiba di Pantai Sinalsal Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Rabu (22/11/2023).

Lebih dari 100 pembalap ditambah 200 official dari 22 negara berpartisipasi dalam event Aquabike Jetski World Championship Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 22 November s/d 26 November di 4 Kabupaten di sekitar Danau Toba, yakni Kabupaten Karo, Dairi, Samosir dan Toba.

Event internasional ini diawali sesi latihan bebas oleh masing-masing pembalap yang kemudian dilanjutkan dengan perlombaan untuk race pertama kemudian race kedua .

Dalam perlombaan Aquabike Endurance Karo Cup tersebut, Jean Bruno Pastorello dari Perancis berhasil menjadi pemenang pertama.

Pembalap yang akrab disapa Bruno itu menaiki podium tertinggi setelah mencatatkan poin terbanyak dari dua sesi balapan dengan masing-masing 22 poin pada race 1 lalu meraih 25 poin pada race 2 sehingga total mendapat 47 poin.

Disusul Anthony Radetic dari Amerika Serikat di posisi kedua. Radetic menyabet posisi kedua dengan perolehan 20 poin pada race 1 dan 22 poin pada race 2, dengan total mencatatkan 42 poin.

Rashed Al Tayer dari UAE berada di posisi ketiga. Rashed sempat menjadi pemuncak klasemen pada race 1 dengan hasil 25 poin, namun posisinya merosot saat race 2 sehingga hanya memperoleh 14 poin, dan menorehkan total 39 poin.

Juara lomba dengan nomor ketahanan bertajuk Karo Cup 2023 itu diserahkan langsung oleh Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang.

Turut mendampingi Bupati dalam penyerahan tropy juara di podium adalah Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, Dandim 0205/TK Letkol Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti, Kadishub Pemprov Sumut Agustinus, Wakil Ketua DPRD Karo Sadarta Bukit Kadis Pariwisata Provsu, dan Perwakilan Kemenko Marvest.

Setelah penyerahan piala pemenang pada pukul 15.20 WIB, rangkaian kegiatan Aquabike Endurance Karo Cup telah selesai dilaksanakan dan rombongan rider menuju Pantai Silalahi, Kabupaten Dairi dan Pangururan Kabupaten Samosir dengan pengawalan oleh RIB 04 Dit Polairud Polda Sumut.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan rasa bangga dan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Aquabike Jetski World Championship ini.

United Spirit of Lake Toba

Bupati Cory Sriwaty Sebayang dalam sambutannya menyampaikan sebuah kehormatan bagi Kabupaten Karo menerima dan menyambut seluruh rider dan partisipan yang terlibat dalam Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba, 22-26 November 2023. Sebagaimana tema even ini adalah United Spirit of Lake Toba, menjadi etalase persatuan empat wilayah sekitar Danau Toba yakni Karo, Dairi, Samosir, dan Toba.

“Kami bersyukur atas kebaikan Tuhan yang telah memberikan kami keistimewaan untuk menjadi bagian dari indahnya alam Danau Toba yang kita kenal sekarang ini. Dan itulah tujuan kami di sini, untuk merangkul kekuatan, alam, sejarah dan merayakan keindahan yang dibawanya kepada kita semua,” ungkapnya.

Cory Sriwaty Sebayang berharap para rider mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan menarik dalam seluruh rangkaian kegiatan dan kompetisi yang dihadirkan, dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk berkumpul, berjejaring, dan mendapatkan teman baru.

“Selamat datang dan selamat menikmati keindahan alam Kabupaten Karo, khususnya di seputaran Pantai Sinalsal Tongging. Tidak jauh dari sini, ada Air Terjun Sipiso piso, kota wisata Berastagi dan masih banyak lagi, bila ada waktu sempatkan berkunjung dan menikmati keindahan alam Kabupaten Karo yang dikenal sebagai daerah pertanian dan pariwisata,” ujar Bupati.

Melalui acara ini, sambung Cory Sebayang menambahkan, kami berharap memberikan dampak positif dengan meningkatkan kunjungan wisata, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Karo yang dikenal memiliki beragam ikon wisata yang indah didukung udaranya yang sejuk.

“Sesuai tema even ini adalah United Spirit of Lake Toba, menjadi etalase persatuan empat wilayah sekitar Danau Toba yakni Karo, Samosir, Toba, Dairi,” ucapnya.

“Terimakasih kepada seluruh pihak terkait dalam menyukseskan event ini, sehingga event ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,khususnya kepada pihak injourney, masyarakat desa tongging dan dukungan tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ungkap Cory Sebayang.

Pantauan Jurnalis Karosatuklik.com, setelah penyerahan piala pemenang pada pukul 15.20 WIB, rangkaian kegiatan Aquabike Endurance Karo Cup telah selesai dilaksanakan dan rombongan rider kembali menuju Pangururan Kabupaten Samosir dengan pengawalan oleh RIB 04 Dit Polairud Polda Sumut.

Seperti diketahui, Aquabike Jetski World Championship 2023 dihelat di Danau Toba dengan tuan rumah 4 Kabupaten penyelenggara yakni Karo, Dairi, Samosir dan Toba.

Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan hiburan pesta rakyat bertajuk Karo Music Camp 3.0 yang merupakan side event Aquabike Jetski World Championship 2023 yang berlangsung dari tanggal 21 November dan dilanjutkan dengan festival paralayang ditanggal 22 – 25 November.

Setelah sebelumnya menampilan sejumlah pagelaran musik berupa band dan vocal solo, Karo Music Camp 3.0 juga menghadirkan band nasional D’Masiv semakin menambah semaraknya kegiatan Karo Music Camp 3.0 di Pantai Sinalsal Tongging.

Hentakan drum dan lengkingan suara gitar dari band nasional D’Masiv menghangatkan suasana ditengah dinginya pinggiran pantai Danau Toba. Emosi bass yang mengudara disertai vokalis D’Masiv, membuat pengunjung merasa senang dan bergembira menikmati pesta rakyat itu.
Vokalis grup band D’MASIV, Rian Ekky Pradipta, membawakan salah satu lagu “Cinta Ini Membunuhku”.

Lagu yang hits dari album Perubahan yang dirilis tahun 2008 itu ternyata terinspirasi dari kisah pilu Rian sebagai penulisnya itu, sontak disambut para pengunjung Karo Music Camp 3.0. (R1)

Komentar