Pemkab Karo Hadiri Penyampaian LHP BPK RI kepada Presiden Jokowi

Karo1824 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menghadiri penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun Anggaran 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (8/7/2024).

LHP LKPP Tahun 2023 diserahkan langsung Ketua BPK RI Isma Yatun kepada Presiden Joko Widodo. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada LHP LKPP.

Arahan Presiden RI

Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada BPK RI, yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalisme dan fungsi pemeriksaan.

“Saya juga menyampaikan kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dalam laporan keuangan pemerintah taun ini,” tuturnya.

Presiden melanjutkan bahwa WTP yang diraih atas hasil pemeriksaan keuangan dari BPK RI.

“Sudah sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi tapi WTP adalah kewajiban kita semua. Kewajiban menggunakan APBN secara baik. Ini uang rakyat, uang negara,” pungkasnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa penggunaan uang negara yang mengalir di pemerintah pusat hingga daerah pasti akan diaudit. Sehingga, Jokowi meminta pertanggungjawaban harus dilakukan secara baik.

“Kita harus merasa, setiap tahun, ini pasti diaudit. Pasti diperiksa. Jadi sekali lagi, kewajiban menggunakan APBN dan APBN secara baik. Dan juga kewajiban menjalankan APBN dan APBD secara baik. Serta kewajiban mempertanggungjawabkannya secara baik pula,” kuncinya.

Perlu diketahui, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2023. Hasilnya, LHP LKPP mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI. Bahkan ini merupakan opini WTP kedelapan sejak LKPP 2016.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) dan Kepala Lembaga Pemerintah Pusat, serta Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan Ketua DPRD seluruh Indonesia.

Ikut serta bersama Bupati Karo dalam acara ini, Ketua DPRD Karo, Iriani Tarigan, Kepala BKAD Karo, Dr. Drs. Edi Suranta M.Pd, Sekretaris DPRD Karo, Eva Angela, S.SS. MM.

Pemkab Karo Raih WTP dari BPK RI Lima Kali Berturut-turut

Sekedar mengingatkan kembali, sejak Tahun Anggaran 2019 hingga Tahun Anggaran 2023, Pemerintah Kabupaten Karo telah memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI sebanyak lima kali secara berturut-turut. Prestasi ini menandai komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Karo dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas keuangan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Bupati Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Karo dalam mencapai pencapaian opini WTP tersebut. “Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Karo, tetapi juga menegaskan komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan tata kelola keuangan yang baik kepada masyarakat,” ucapnya.

Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) merupakan bukti nyata dari kinerja Pemerintah Kabupaten Karo dalam mengelola keuangan daerah secara transparan dan akuntabel. Ini juga menjadi dorongan besar dalam memotivasi untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kabupaten Karo.

“Seperti arahan dan bimbingan Bapak Presiden tadi, bahwa WTP yang diraih atas hasil pemeriksaan keuangan dari BPK RI, bukan prestasi tapi kewajiban menggunakan dan mempertanggungjawabkan APBN dan APBN secara baik,” ujarnya.(R1)

Baca Juga:

  1. 5 Kali Berturut-turut Raih WTP dari BPK RI, Bupati Cory Sebayang: Bukti Keseriusan Pemkab Karo Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah yang Lebih Baik
  2. Empat Kali Berturut turut Pemkab Karo Raih WTP, Bupati Cory Sebayang Ucapkan Terimakasih ke BPK RI
  3. Pemkab Karo Kembali Raih Opini WTP Tiga Kali Berturut-turut

Komentar