Pemkab Karo Peringati Hari Pahlawan, SMP Santa Maria Kabanjahe Gelar Atraksi Drama Musikal

Karo869 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023 yang mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, Pemerintah Kabupaten Karo bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Karo laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Jumat (10/11/2023).

Theopilus Ginting bertindak sebagai Inspektur Upacara yang diikuti oleh jajaran Forkopimda, barisan PNS, TNI/POLRI dan Pelajar.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Theopilus Ginting membacakan amanat Menteri Sosial RI, menyampaikan bahwa tema tersebut diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Hari ini, kita tidak hanya mengenang masa lalu, tetapi juga menatap masa depan. Semangat pahlawan harus menjadi pendorong kita untuk bersatu menghadapi tantangan,” tegas Mensos.

“Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” ujar Wakil Bupati membacakan sambutan Menteri Sosial RI.

“Kekayaan alam Indonesia yang melimpah, seraya menegaskan bahwa pengelolaannya harus dilakukan dengan bijak. Kita memiliki tanah subur, laut yang melimpah, dan beragam mineral. Ini adalah anugerah, tapi juga tanggung jawab besar bagi kita untuk menjaga keberlanjutan sumber daya alam,” lanjutnya.

Dalam amanat tersebut juga disampaikan bahwa semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. Samangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945.

“Penghargaan terhadap nilai-nilai perjuangan para pahlawan pada 10 November 1945 menjadi sorotan utama. Semangat keberanian, pengorbanan, dan patriotisme harus terus menjadi semangat bagi generasi saat ini. Kita harus belajar dari pahlawan-pahlawan kita yang tidak pernah menyerah di hadapan segala rintangan,” ucap Wakil Bupat.

Mengajak Generasi Muda Mewarisi Jiwa Patriotisme Pahlawan

Usai melaksanakan Upacara Bendera dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe.

Acara tabur bunga ini ditutup dengan atraksi drama musikal oleh siswa/siswi SMP Santa Maria Kabanjahe. Drama ini menunjukkan tentang perjuangan para Pahlwan Indonesia.

atraksi drama musikal oleh siswa/siswi SMP Santa Maria Kabanjahe memberi pesan untuk menghormati dan menghargai para pahlawan kusuma bangsa Indonesia khususnya pejuang dan pahlawan dari Kabupaten Karo yang dengan kerelaan dan semangat juang yang tinggi telah mengorbankan jiwa, raga dan harta pada saat merebut dan mempertahkan kemerdekaan RI, sudah sepatutunya negara memberikan penghormatan dan penghargaan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Membangkitkan dan mewarisi semangat juang Veteran, para pahlawan, serta menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam bentuk karya nyata dan terus meningkatkan kualitas diri bagi generasi muda saat ini. (R1)

Komentar