Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Pemkab Pakpak Bharat Tanam Pohon

Pakpak Bharat, Sumut1901 x Dibaca

Salak, Karosatuklik.com – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2024, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bersama Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan menanam pohon serentak di Kompleks Panorama Indah Sindeka, Salak, Rabu (05/06/2024).

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 diperingati dengan mengusung Tema “Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, diawali dengan apel pagi para tenaga kebersihan di area Parkir Kompleks Panorama Indah Sindeka.

Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM yang memimpin kegiatan ini mewakili Bupati Pakpak Bharat, dalam sambutannya antara lain menjelaskan, kondisi dan perubahan iklim dunia saat ini yang kian ekstrim.

“Telah terjadi perubahan iklim dunia yang sangat signifikan, terbukti dari adanya perubahan perilaku tanaman, salak misalnya, saat durian bisa berbuah, di Lae Langge Namuseng kelapa tumbuh subur. Pola perilaku pada tanaman dikarenakan pengaruh panas yang semakin meningkat,” ungkap Jalan Berutu.

Untuk itu, imbuh Sekda Jalan Berutu, mari kita menanam pohon, mari kita jaga bumi ini. Dengan menanam pohon kita ikut menjaga paru-paru dunia, ajaknya.

Disisi lain, Jalan Berutu juga mengapresiasi para petugas kebersihan dengan kinerja yang semakin meningkat.

“Kami lihat kebersihan lingkungan kita semakin baik, namun kendala yang kami lihat kalau pagi hari sampah sering berserakan di luar bak penampungan sementara, mungkin hewan-hewan peliharaan seperti anjing dan kucing suka mengacak-acak tong sampah kalau malam hari, mungkin kedepan perlu kita siasati bagaimana hewan-hewan ini tidak bisa menjangkau bak sampah,” pesannya.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kita maknai dengan aksi nyata, menanam pohon dengan harapa kelak akan mrmbawa manfaat bagi kehidupan kita, bagi anak cucu kita,” ucap Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Pakpak Bharat, Marulak H Simangunsong, S.ST, M.Si. (WES)

Baca Juga:

  1. Serahkan Bibit Durian di Desa Lae Mbentar, Franc Bernhard Tumanggor: Jangan Tebang Pohon Durian, Lestarikan Primadona Unggulan
  2. Pemkab Pakpak Bharat Mendukung Tradisi Upacara Budaya Menanda Tahun
  3. Pemkab Pakpak Bharat-Samosir Kerja Sama Bidang Perikanan dan Pertanian

Komentar