Poco Ungkap Kemampuan Chipset X6 Pro yang Siap Meluncur di Indonesia

Teknologi1431 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Poco telah memastikan Poco X6 Pro 5G akan menjadi smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Hadir sebagai penerus Poco X5, Poco menjanjikan smartphone ini memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Menurut Product PR Manager Poco Indonesia Abee Hakim, X Series sendiri sudah dikenal sebagai smartphone Poco yang menawarkan performa ekstrem. Hal itu pula yang akan ditawarkan Poco melalui Poco X6 Pro ini.

“Smartphone ini mempunyai performa yang melebih Poco X5. Berdasarkan testing yang dilakukan, Poco X6 Pro berhasil mencapai 1,4 juta poin dalam pengujian di AnTuTu,” tuturnya dalam workshop soal Poco X6 Pro.

Lebih lanjut Abee menuturkan, kemampuan ekstrem yang ditawarkan Poco X6 Pro 5G tidak lepas dari dukungan chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra yang dibenamkan sebagai dapur pacunya.

Chipset ini disebut hadir dengan sejumlah peningkatan signifikan dari pendahulunya. Product Marketing Manager Smartphone Business Unit MediaTek Thomas Chen menuturkan, chipset MediaTek ini dibangun dengan arsitektur 4nm.

Dimensity 8300 Ultra memiliki delapan core yang terdiri dari 4 Arm Cortex-A715 dan 4 Cortex A510, dengan Arm Mali-G615.

“Chipset ini menawarkan performa lebih cepat 20 persen ketimbang pendahulunya,” tutur Thomas menjelaskan. Selain itu, chipset ini menawarkan waktu meluncurkan aplikasi yang lebih cepat dibandingkan Dimensity 8200.

Thomas menuturkan, secara keseluruhan, Dimensity 8300 Ultra menawarkan waktu peluncuran aplikasi yang lebih singkat hingga 17 persen dibandingkan pendahulunya.

Chipset ini juga memiliki kemampuan konsumsi daya yang lebih efisien, sehingga menghemat penggunaan baterai.

Tidak hanya itu, chipset ini dibekali pula dengan kemampuan AI generatif. Beralih ke pengolahan gambar, chipset ini didukung dengan ISP kelas flagship yakni MediaTek Imagiq 980.

Sekadar informasi, Poco X6 Pro sudah diperkenalkan secara global di awal tahun ini. Selain Poco X6 Pro, Poco juga diketahui akan meluncurkan Poco X6 di pasar Tanah Air.

Spesifikasi Poco X6 Pro

Dari sisi layar, Poco X6 Pro memiliki layar AMOLED berukuran 6,67 inci yang diklaim tetap bisa terlihat terang di bawah matahari berkat kecerahan 1800 nits. Refresh ratenya adalah 120Hz.

Poco X6 Pro juga didukung desain bezel tipis, rasio layar ke tubuh yang mencapai 94 persen, sehingga pengguna bisa rasakan pengalaman penuh.

Perangkat ini memiliki tiga kamera, dengan kamera utama 64MP yang memiliki fitur OIS. Kamera lainnya yang tersemat adalah ultra-wide 8MP dan makro 2MP. Adapun kamera selfienya adalah 15MP yang ada di punch hole.

Pada kamera, ada pula fitur Motion Caption dan Motion Tracking yang otomatis melacak orang, hewan, atau objek yang direkam dalam video.

Adapun baterai Poco X6 Pro berkapasitas 5000mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 67W.

Poco X6 Pro juga didukung NFC, fingerprint di layar, speaker stereo Dolby Atmos, audio Hi-Res, infra-red, dan sertifikat IP54 yang tahan debu dan percikan air.

Spesifikasi Poco X6

Sementara, spesifikasi Poco X6 mengusung layar dengan besar yang sama yakni 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz.

Layar tersebut juga memiliki tingkat kecerahan 1.800 nits sehingga tetap terlihat jelas ketika penggunaan di bawah matahari.

Berbeda dari Poco X6 Pro, Poco X6 menggunakan chipset Snapdragon 7s Gen 2 dari Qualcomm. Performanya didukung dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 512GB.

Poco X6 memiliki kamera utama 64MP yang disandingkan dengan lensa wide 8MP dan makro 2MP. Kemudian, di bagian depan ada kamera selfie 16MP.

Untuk ketahanan baterai, perangkat ini memiliki kapasitas baterai 5.100mAh dengan dukungan fast charging 67W.

Poco dalam keterangan resminya mengklaim, kemampuan tersebut memungkinkan perangkat untuk mengisi daya hingga kapasitas penuh dalam 44 menit

Seperti Poco X6 Pro, Poco X6 didukung fingerprint di layar, infrared, speaker Stereo dengan Dolbu Atmos, juga sertifikat IP54 untuk perlindungan terhadap debu dan percikan air. (Liputan6.com)

Komentar