Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak 2024: Kabupaten Karo Siap Menyelenggarakan Pemilu Damai dan Berkualitas

Karo1417 x Dibaca

Berastagi, Karosatuklik.com – Menjelang hari H pemilu atau hari pencoblosan pada Rabu, 14 Februari 2024, situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang saat ini memasuki minggu tenang masih sangat kondusif.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting usai melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024 Kabupaten Karo di Hotel Sinabung Berastagi, Senin (12/02/2024).

Turut hadir, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM, Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afryan Rangkuti, Kajari Karo, Tri Sutrisno, SH, MH, Ketua KPUD Karo, Rendra Gaulle Ginting, SH, sejumlah Kepala OPD Pemkab Karo dan Bawaslu.

Sebelum Rapat Kordinasi itu, Apel Bersama Forkopimda, Bawaslu dan KPU Karo dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Karo yang dilaksanakn di halaman Kantor Bupati Karo.

Dalam kesempatan itu, Theopilus Ginting dalam sambutan dan arahannya menyampaikan harapannya agar pertemuan tersebut dapat meningkatkan koordinasi antarinstansi.

Tujuannya adalah agar Pemilu Serentak yang dijadwalkan pada 14 Februari dapat berlangsung dengan damai, tenang, dan tanpa hambatan. Ia juga menekankan pentingnya peran penyelenggara dalam memastikan bahwa Pemilu berjalan sesuai dengan prinsip Pemilu Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (LUBER) serta Jujur dan Adil (JURDIL).

Wakil Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerjasama, sehingga kondisi Pemilu di Kabupaten Karo dapat berjalan dengan tenang dan damai hingga saat ini.

“Melalui sinergi ini, diharapkan dapat menggerakkan semua potensi satuan kerja untuk secara efektif memetakan dan mengatasi potensi gangguan keamanan menjelang Pemilu 2024, sehingga penyelenggaraan Pemilu dapat berjalan aman, nyaman, dan kondusif,” imbuhnya.

Selain itu, terkait Fokus Utama, Theopilus Ginting dalam mensukseskan pemilu 2024, diantaranya, memastikan distribusi logistik pemilu baik kecukupan dan keamanan proses distribusi, memastikan keamanan kotak suara (pra, hari pelaksanaan dan pasca pemilihan), memastikan keamanan surat suara dan memastikan kesiapan pelaksana, terutama bagian yang memerlukan intervensi pemerintah daerah.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pada Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024 Kabupaten Karo ini, melahirkan beberapa kesepakatan yang akan di tindaklanjuti oleh stakeholders terkait agar seluruh tahapan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar sehingga pemenuhan pelayanan terhadap hak konstitusional warga negara dalam pemilu dapat di berikan secara maksimal. (R1)

Komentar