oleh

Rapat Virtual Dengan Presiden RI, Bupati Karo : Sinergi dan Koordinasi Mengantisipasi Gelombang Ketiga Corona

-Karo-314 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com Cory Seriwaty Sebayang didampingi Wakil Bupati, Theopilus Ginting mengikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah seluruh Indonesia, Rabu 28 April 2021 pukul 13.30.

Rapat diawali dengan pemberian arahan oleh Presiden Joko Widodo.

Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang mengikuti rapat dengan zoom meeting dari ruang Karo Community Center (KCC) Kantor Bupati, jalan Letjen Kabanjahe.

Turut hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Theopilus Ginting, , Sekretaris Daerah dan Asisten sesuai protokol kesehatan.

Presiden Republik Indonesia menjelaskan bahwa seluruh pejabat daerah harus lebih memperhatikan penanganan COVID-19 di daerah masing-masing.

Pemerintah melakukan larangan mudik Lebaran di tahun 2021 untuk mencegah penyebaran .

Langkah ini diambil karena sebagian besar negara di dunia memasuki penyebaran Covid-19 gelombang ketiga yang cukup mengkhawatirkan.

Idulfitri tahun lalu kenaikan angka penyabaran Covid-19 mencapai 68-93%, libur Hari Kemerdekaan naik 58-119%, libur bulan Oktober naik 37-95%, dan Tahun Baru naik 37-78% dan Paskah naik 1,87%.

Baca Juga :  UPN Yogyakarta Latih dan Dorong BPBD Kabupaten Karo Menggunakan Medsos Sebagai Alat Komunikasi Bencana

“Pemerintah tidak ingin hal ini terulang kembali, terlebih saat ini Covid-19 di beberapa negara masuk ke fase yang mengkhawatirkan,” sebut Presiden.

Gelombang ketiga penyebaran Covid-19 bertepatan dengan bulan Ramadan, sehingga pemerintah memberikan perhatikan khusus penanganan terutama untuk mudik , tegas Kepala Negara Joko Widodo.

Karena itu, menurutnya periode ini menjadi sangat penting karena akan menjadi penentu pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021.

Prediksi ADB (Asian Development Bank) tahun 2021 pertumbuhan ekonomi kita akan mencapai 4,5 sampai 5,5%. Kita harus bisa mencapai itu dan kuartal kedua ini menjadi penentu pencapain tersebut.

“Bila kita gagal di periode ini, karena meningkatnya penyebaran Covid-19 setelah Ramadan, perkembangan ekonomi kita juga akan tertunda. Kita tidak ingin ini terjadi,” tegas Joko Widodo.

Presiden berharap seluruh pemerintah daerah membantu pemerintah pusat dalam menegakkan aturan larangan mudik di tahun 2021.

Disamping itu, Jokowi juga menegaskan agar seluruh pejabat daerah dapat memperhatikan perputaran ekonomi di daerah masing-masing.

Baca Juga :  Pagar dan Tembok Dirusak di Desa Tongging, Mangadi Sipakkar Dilaporkan ke Kapolres Tanah Karo

Dalam kesempatan ini Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang mengatakan, dan Forkopimda terus berupaya untuk menahan laju penularan pandemi virus Corona sesuai arahan Bapak Gubernur Sumut dan Presiden RI, dengan berbagai upaya dan langkah strategis terus dilakukan dan perbaharui.

Diantaranya, mensosialisasikan dan melaksankan petunjuk dan aturan baru dari Pemerintah Pusat, salah satunya yakni meniadakan pelaksanaan mudik serta perjalanan libur, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Karo, kata Cory.

Siaga

“Saya juga sudah ingatkan kepada seluruh jajaran termasuk tenaga medis untuk tetap siaga di tempat dan memberikan pelayanan sebagaimana biasa selama libur Idul Fitri nanti, saat ini sangat kita butuhkan sinergitas dan koordinasi yang baik diantara kita semua termasuk dan Polri, serta seluruh unsur masyarakat,” ujar Bupati Karo.

Untuk itu, Cory Seriwaty Sebayang berharap agar seluruh komponen dan unsur masyarakat untuk ikut secara bersama-sama dan bahu membahu dalam mengantisipasi serta pencegahan pandemi Covid-19 ini, tutup Cory. (R1)

Komentar

Topik Terkait