oleh

Seleksi Komponen Cadangan 2021Resmi Dibuka, Seragam Komcad Mirip dengan Loreng TNI

Jakarta, Karosatuklik.com – Kementerian Pertahanan (Kemhan) resmi membuka seleksi pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) 2021. Adapun seleksi tersebut dimulai sejak 1 Juni hingga 6 Juni.
Seleksi tersebut dalam rangka memperkuat pertahanan negara melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) sekaligus memenuhi hak dan kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara.

Hal itu sesuai dengan UUD 45 Pasal 27 (3), Hak dan Kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam upaya Pertahanan dan Keamanan Negara sesuai UUD 45 Pasal 30 (1) dan UU 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

Akun instagram @infokomando mengunggah sebuah gambar seragam anggota Komcad ke depannya selepas lolos seleksi. Terlihat dari gambar tersebut bahwasanya seragam itu serupa dengan . Akan tetapi terdapat perbedaan yang dapat dilihat pada penggunaan nama pada badge yang disematkan. Untuk dada bagian kanan tertulis nama personel.

Baca Juga :  Gelar Latihan Terbesar Sepanjang Sejarah Indonesia - USA, 330 Tentara Amerika di SMB II Palembang Dengan Prokes Ketat

Sementara itu pada dada bagian kiri tertulis TNI-KC yang merupakan akronim Komponen Cadangan TNI. Untuk penempatan logo Komcad berada di atas tulisan TNI-KC.

Adapun baret yang dimiliki personel Komcad berwarna hijau terang. Baret ini juga mirip dengan korps infanteri, yang membedakan hanyalah logo yang tersemat.

Beralih ke lengan bagian kiri, tercantum logo dari Mabes TNI. Di bawah logo itu, ada tanda pangkat balok satu berwarna merah serupa dengan pangkat Prajurit Dua (Prada) di TNI.

Kemudian, di bagian lengan kanan juga terdapat tanda pangkat. Hal yang menjadi pembeda, terdapat badge nama Divisi termasuk Brigade atau Batalion para personel akan berdinas aktif sebagai Komcad.

MNC Media telah mencoba mengonfirmasi terkait seragam ini kepada Karo Humas Kemhan Marsma TNI Penny Radjendra dan Juru Bicara Menhan , Dahnil Anzar Simanjuntak, akan tetapi keduanya belum ada yang merespon. (sindonews.com)

Komentar

Topik Terkait