Timnas Voli Indonesia Tundukkan Afganistan di Babak Penyisihan Grup F

Sport, Voli757 x Dibaca

Hangzhou, Karosatuklik.com – Timnas voli putra Indonesia berhasil mempertahankan momentum positifnya di Asian Games 2022 dengan mengalahkan Afganistan tiga set langsung (25-18, 25-21, 25-17) pada Kamis (21/9/2023). Laga yang berlangsung di Deqing Sport Centre Gymnasium, China ini menempatkan Indonesia di posisi kedua klasemen sementara Grup F.

Pada set pertama, kedua tim sempat bermain imbang hingga skor 3-3. Namun, Doni Haryono berhasil membawa Indonesia unggul 4-3 dan memulai dominasi. Agil Angga Anggara memperlebar jarak menjadi 11-7, meski sempat lengah dan membiarkan Afganistan menyusul 10-11. Indonesia akhirnya menutup set pertama dengan kemenangan 25-18.

Set kedua masih menunjukkan dominasi Indonesia. Fahri Septian Putratama, Doni Haryono, dan Hernanda Zulfi memastikan Indonesia unggul 12-7. Set kedua pun ditutup dengan kemenangan 25-21 oleh tim asuhan Jiang Jie.

Pada set ketiga, Afganistan memberikan perlawanan lebih ketat hingga skor 8-8. Namun, Indonesia yang sudah unggul dua set tampil lebih tenang dan rapi. Doni Haryono, yang mencetak 12 poin pada laga ini, memastikan kemenangan set ketiga dengan skor 25-17.

Hernanda Zulfi menjadi bintang pada laga ini dengan mencetak 17 poin. Kemenangan ini membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 12 besar. Kepastian lolosnya Indonesia masih menunggu hasil laga antara Jepang dan Filipina.

Dengan kemenangan ini, Indonesia mengoleksi enam poin dari tiga laga dan berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F. Sementara itu, Afganistan tetap belum memetik poin dan selalu kalah tiga set langsung dari semua lawan-lawannya.

Target Bawa Pulang 12 Medali Emas

Seperti diketahui, kontingen Indonesia menargetkan 12 medali emas, sebuah target yang lebih rendah dibandingkan saat menjadi tuan rumah di 2018. Meski demikian, Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Games 2022, Basuki Hadimuljono, optimis para atlet akan berjuang maksimal. “Insyaallah kita bisa masuk minimal 12 besar, dengan minimal 12 emas,” kata Basuki.

Kontingen Indonesia yang akan diperkuat oleh 415 atlet dan 161 ofisial ini dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada 19 September kemarin. Dengan semangat dan optimisme tinggi, Indonesia siap untuk menunjukkan kekuatannya di panggung olahraga Asia. (Inilah.com)

Komentar