Top Speed Bisa 400 Km/jam dengan Tampang Bak Pesawat Tempur, Ini Dia Tampang Siganteng Ninja H2R

Otomotif1189 x Dibaca

Jakarta, Karosatuklik.com – Kawasaki Ninja H2R mungkin jadi motor paling fenomenal di beberapa tahun belakangan ini ya.

Soalnya ia punya mesin sangar dengan supercharge, yang bisa menghasilkan tenaga di atas 300 dk.

Tak cuma mesinnya yang sangar, fenomenalnya motor ini juga disebabkan dari desain aero fairingnya yang amat agresif.

Lihat saja guratan-guratan sudutnya yang tajam, hingga adanya sepasang sayap kecil di area spion membuatnya terlihat bak pesawat tempur.

Tentu saja desain itu tak sembarangan dibuat, tapi punya fungsi menciptakan downforce dan menjaga motor tetap stabil saat digeber di kecepatan tinggi.

Hmm, berangkat dari pernyataan itu jadi timbul pertanyaan nih.

Memangnya mesin Ninja H2R ini beneran sekencang itu hingga dibuuthkan desain yang sangat radikal di bagian fascia-nya?

Jadi gini, top speed dari Ninja H2R ini pernah dibuktikan oleh seorang rider profesional Kenan Sofuoglu, dengan catatan rekor top speed 400 Km/jam, sangar kan!

Makanya adanya aero fairing ini memang perlu dan bukan sekadar buat gaya-gayaan biar kelihatan garang.

Apalagi, ternyata mesin supercharged-nya mapu lho untuk membuat motor yang tampangnya mirip pesawat tempur ini beneran terbang. Young-machine.com, adalah yang pertama menerbitkan hasil simulasi itu.

Jika saja Kawasaki Ninja H2R ini diberi perangkat aerofairing yang tujuannya untuk meningkatkan gaya dorong ke atas, misalnya dengan diberi sayap, maka kekuatan mesinnya sanggup membuatnya beneran take off dan gliding alias melayang.

Dengan menghitung berbagai faktor seperti berat, gaya dan lainnya, ia disebut akan mulai terbang saat ia mencapai keepatan 360 Km/jam, dan mampu mencapai ketinggian 48,3 meter dari tanah.

Tapi kondisi itu cuma sementara. Soalnya saat motor sudah berada di udara, ia tak lagi mendapatkan power dari mesin yang sebelumnya disalurkan lewat roda.

Meski begitu, dengan dorongan mesin sebelum ia terbang tadi, setidaknya ia disebut sudah bisa melayang sejauh 1,1 Km lho.

Sebagai informasi tambahan, Ninja H2R sendiri merupakan motor versi prototype.

Sementara versinya yang legal di jalan raya bernama Ninja H2, dengan berbagai penyesuaian seperti adanya spion, lampu, dan perangkat laik jalan lainnya.

Secara power pun Ninja H2 tak segalak H2R, tapi tidak berarti kecil juga. Sama-sama pakai supercharged, power dari Kawasaki Ninja H2 ini tembus sekitar 243 dk.

Soal harga, Kawasaki Motor Indonesia melego Ninja H2 seharga Rp 860.000.000 OTR Jakarta. (GridOto.com)

Komentar