Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan HUT Kabupaten Dairi ke-76, Bupati Dairi: Mari Melaju Menuju Dairi Unggul

Dairi, Sumut400 x Dibaca

Dairi, Karosatuklik.com – Pemerintah Kabupaten Dairi menyelenggarakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Dairi ke-76, digelar di depan Kantor Bupati, di Sidikalang, Minggu (1/10/2023).

Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Dairi oleh Kabag Tata Pemerintahan Juliawan Rajagukguk.

Dalam amanatnya Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan pesan yang bisa diteladani dari perjuangan pahlawan revolusi. Di mana pengorbanan dan perjuangan itu telah melahirkan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa .

“Kiranya pegorbanan pahlawan itu menjadi suri tauladan dan pedoman. Pancasila bukan sekadar kata dalam kertas, namun Pancasila telah mampu menyatukan perbedaan dan selaras dengan itu peringatan HUT Dairi ke-76 ini adalah wujud harmoni keberagaman,” katanya.

Dijelaskan lagi, bahwa hari ini kita rayakan peringatan ini sebagai bukti kesaktian Pancasila.

“Kepada masyarakat saya sampaikan dengan kedua peringatan ini mari melaju menuju Dairi Unggul dalam harmoni keberagaman. Tekad menjaga keberagaman dan berkontribusi dalam membangun bangsa. Semoga semangat para pahlawan menyala dan menerangi kita melaju ke arah masa depan,” kata Bupati.

Secara khusus, dalam peringatan hari jadi Kabupaten Dairi ke-76 ini, Bupati Eddy Berutu juga menjabarkan berbagai capaian pembangunan dan pencapaian di Dairi hingga saat ini.

Ia menyebut pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-76 ini jadi momentum untuk terus bergerak dalam peningkatan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Dairi.

Hal ini, kata Eddy, dapat dilihat dari perbandingan capaian kinerja makro Kabupaten Dairi pada tahun 2019 dan Tahun 2022, di mana pada tahun 2019 adalah awal masa kerja kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dairi.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2022 adalah sebesar 72,56 yang tumbuh sebesar 1,14 poin dari tahun 2019 yaitu sebesar 71,42. Umur Harapan Hidup (UHH) di Kabupaten Dairi Pada tahun 2022 adalah 69,64, meningkat 0,85 dari tahun 2019 yaitu 68,79. Rata-rata lama sekolah pada tahun 2022 adalah 13,24, meningkat 3,90 dari tahun 2019 yaitu 9,34, rata-rata pengeluaran perkapita pada tahun 2022 adalah Rp.10.740.000, meningkat Rp.138.000 dari tahun 2019 yaitu Rp.10.602.000,” katanya lagi.

Selain capaian indikator kinerja makro di atas, kata Eddy lagi, kita patut bersyukur beberapa capaian Indikator Kinerja Daerah Kabupaten Dairi Tahun 2022 meningkat dari yang ditargetkan dalam dokumen perencanaan. Seperti nilai tukar petani dengan sasaran meningkatnya pendapatan masyarakat petani, terealisasi 124,56 dari target 115,22. Indeks pendidikan dengan sasaran meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat, terealisasi 69,17 dari target 68,83 dan capaian lainnya.

“Mari jadikan peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-76 ini menjadi momentum kita untuk bergandengan tangan, mengambil peran masing-masing dalam rangka memajukan daerah yang kita cintai ini. Sekecil apapun peran yang diamanahkan kepada kita mari kita tindaklanjuti dengan kerja-kerja nyata untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi yang kita cinta ini,” katanya menutup sambutan.

Hadir dalam upacara ini, Dandim 0206/Dairi letkol inf. Goklas Pirtahan Silaban, mewakili Kapolres Dairi AKP Martualesi Sitepu, SH, MH, mewakili Ketua DPRD, Manat Sigalingging, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang Guntur Frans Sembiring, Kakan Kemenag, Riswan Gaja, Kepala BPN Dairi, Daud Sitorus, para kepala OPD, ASN, sekolah dari SD hingga SMA dan undangan lainnya. (R1)

Komentar