oleh

6 Potret Karakter Calon Pemilih Pilkada Karo

, Karosatuklik.com – Membaca perilaku pemilih saat ini, diperlukan pemahaman mendalam terhadap karakter sosiokultural dan termasuk proses interaksi-simbolis bermedia digital yang berkembang pesat dalam masyarakat saat ini.

Diperlukan cara cerdas dalam membaca sosiokultural pemilih khususnya di yang sudah berdigital untuk mendapatkan rujukan peta perilaku politik masyarakat.

Terlebih lagi di masa bencana alam erupsi vulkanik Gunung Sinabung yang marathon sejak 2010 hingga sekarang dan bencana non alam pandemi yang sudah berlangsung 10 bulan sejak Maret lalu.

Pertama : Tipe Antipati

Orang dalam kategori ini dipastikan tidak akan memilih Anda, bukan hanya itu, ia mungkin menjelek-jelekan Anda yang pada intinya orang lain supaya tidak memilih Anda.

Kedua : Tipe Acuh

Orang dalam kategori ini mungkin karena tidak kenal Anda atau masa bodoh. Orang dalam kategori ini kemungkinan tidak memilih Anda.

Ketiga : Tipe Memperhatikan

Orang dalam kategori ini berpeluang besar akan memilih Anda. Ia akan mempelajari latar belakang atau jejak rekam Anda, kehidupan sehari-hari Anda dan lainnya. Ada rasa penasaran mereka yang ingin diketahui dari Anda. Orang dalam kategori ini berpeluang besar memilih Anda.

Keempat : Tipe Simpati

Orang dalam kategori ini simpatik dengan Anda. Mungkin tidak bisa dipastikan alasannya. Bisa jadi, karena Anda dipandang orang baik, tepat janji, punya kinerja bagus, pemberani, punya prestasi yang dianggap bisa diandalkan, dan lainnya. Hampir dipastikan orang dalam kategori ini akan memilih Anda.

Kelima : Tipe Loyal

Orang dalam kategori ini apapun isu dilapangan tentang Anda, apapun kejadian yang menimpa Anda-positif atau negative- ia tetap akan memilih Anda.

Baca Juga :  Kembali Donorkan Darah, Terkelin Brahmana : Mari Jadi Pejuang Kemanusiaan

Keenam : Tipe Mengajak

Orang dalam kategori ini merupakan orang-orang yang sebaiknya anda himpun dan dirangkul.

Bila Anda memiliki semakin banyak orang-orang pada kategori ini maka, Anda berpeluang besar dapat meraih kemenangan secara gemilang.

Orang dalam kategori ini bukan hanya akan memilih Anda, tetapi mereka akan mengajak orang lain untuk memilih Anda. Bahkan mereka akan mengklarifikasi fitnah-fitnah yang akan menjatuhkan Anda.

Langkah Anda tentu semakin mantap dan penuh optimis meraih kemenangan begitu Anda memiliki banyak orang dalam kategori mengajak.

Untuk itu langkah-langkah Anda yang perlu dilakukan adalah mengarahkan orang-orang dari kategori Antipati menjadi kategori Acuh dan seterusnya, hingga mereka berada pada kategori “mengajak”.

Sementara, pengamat politik Hanta Yuda membeberkan soal 3 jenis pemilih berdasarkan preferensinya. “Ada pemilih rasional yang memilih berdasarkan kinerja, visi misi, dan program,” kata Hanta di .

Setelah itu, ada juga pemilih psikologis yang melihat dari penampilan, sopan santun, hingga tingkah laku kandidat calon.

Mereka tak terlalu memusingkan hal-hal teknis seperti pengalaman, maupun program yang ditawarkan. Tipe ketiga adalah pemilih sosiologis, atau yang mengutamakan kesamaan karakter dengan kandidatnya.

Nah, semoga potret karakter pemilih ini bisa bermanfaat bagi tim sukses dan ke lima paslon dan Wakil pada Pilkada 9 Desember 2020 yang semakin dekat. Selamat merebut simpati rakyat dengan tetap mengedepankan edukasi dan protokol Covid – 19. (R1)

Suka dengan tulisan ini? Yuk, Bagikan!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru