Bupati Cory Sebayang Tinjau Persiapan Uji Coba Pelayanan Air PDAM Tirta Malem 24 Jam Zona Kabanjahe

Karo1117 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Mengatasi permasalahan air yang sudah sekian lama terjadi, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang memantau langsung Persiapan Uji Coba Pelayanan Air PDAM Tirta Malem 24 jam untuk zona Kabanjahe.

Bupati memantau langsung Persiapan Uji Coba ini di Water Tower yang lazim dikenal sebagai water leiding di sekitar Gang Air Minum, Jalan Veteran Kabanjahe, Rabu (04/10/2023).

Dalam kesempatan ini, Direktur PDAM Tirta Malem, Jusup Sukatendel menjelaskan bahwa Launching Uji Coba Pelayanan Air 24 Jam Zona Kabanjahe akan dilaksanakan pada Minggu ke-3 Oktober 2023.

“Kita berharap proses pengerjaan dapat diselesaikan dalam minggu ini dan pada minggu ketiga nanti Bupati Karo akan mendeklarasikan pelayanan air 24 jam,” ujar Jusup Sukatendel.

Dirinya juga menambahkan sesudah Kabanjahe maka area pelayanan air bersih dalam 24 jam akan ditingkatkan ke area lebih luas sehingga lebih banyak masyarakat yang menikmati pelayanan air 24 jam tersebut.

Sementara itu, Bupati Cory Sebayang menyebutkan terdapat 4 titik sumber mata air untuk memasok kebutuhan air bersih ke Kabanjahe dan sekitarnya.

“Apabila keempat sumber mata air ini dapat difungsikan maksimal maka kebutuhan air di Kabanjahe akan tercukupi bahkan berlebih,” ungkapny.

“Untuk memenuhi kebutuhan air konsumen di Kabanjahe, kita memiliki 4 sumber air yang telah dimanfaatkan, yaitu Aek Bolon, Lau Bengap, Lau Berneh dan Lau Melas. Kalau ini semua sudah berjalan dan kita juga dapat maksimalkan pemanfaatkan mata air Lau Bawang serta Lau Biang melalui program KPBU dengan Kementerian Keuangan, maka Kita akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga Kabanjahe dan sekitarnya yang tentunya akan membahagiakan masyarakat,” sebutnya.

“Saat ini kita sedang mengganti pipa yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sebagai informasi, menara air ini dibangun pada tahun 1930,” sambung Bupati.

“Selanjutnya, pasokan dari menara air ini ke pelanggan akan ditertibkan. Untuk pengerjaannya nanti, kita pastikan selesai dalam minggu ini sehingga pada Minggu ketiga Oktober 2023, air untuk pelanggan/konsumen di kota Kabanjahe sudah tersedia 24 jam,” Bupati Cory Sebayang menandasinya. (R1)

Komentar