Bupati Karo Cory Sebayang Saksikan F1 Powerboat di Danau Toba

Karo804 x Dibaca

Balige, Karosatuklik.com – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyaksikan F1 Powerboat World Championship 2023 yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, Sabtu (25/2/2023) dan Minggu (26/2/2023).

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 itu untuk pertama kalinya digelar di Indonesia.

Dari Venue F1Powerboat Lake Toba, tepatnya di Tanah Lapang Sisingamangaraja XII, Balige, Kabupaten Toba, Bupati Cory Sebayang menyaksikan langsung Balapan Jet Air Tercepat itu menyebutkan even Formula 1 Powerboat patut untuk kita banggakan karena dapat terlaksana di Indonesia terlebih berlangsung di Danau Toba.

“Selain punya dampak ekonomi dan memperkuat industri pariwisata, kita berharap even ini juga dapat menambah edukasi dan turut menggairahkan olahraga air di Indonesia, khususnya 8 kabupaten se kawasan Danau Toba, termasuk Kabupaten Karo,” ujar Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang.

“Penyelenggaraan event internasional seperti F1 Powerboat Danau Toba ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah sendiri memperkirakan kejuaraan ini dapat menarik sebanyak 25.000 wisatawan mulai dari atlet, kru, hingga pengunjung,” ucapnya.

Selain itu menurutnya kejuaraan ini akan semakin memperkenalkan pariwisata Danau Toba di kancah internasional secara berkelanjutan. Mengingat acara ini disiarkan secara live dengan target penonton mencapai 140 juta viewers dari seluruh dunia.

“Wisatawan tidak hanya akan menonton pertandingan, tapi tentunya juga ingin menikmati kawasan wisata Danau Toba,” kata Bupati Cory Sebayang yang pada saat itu bareng menonton bersama Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Gubsu Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajekshah, Kapolda Irjen Pol Panca Putra dan lainnya.

“Ajang kejuaraan dunia olahraga air F1 Powerboat 2023 juga harus membawa berkah bagi masyarakat di sekitar Danau Toba. Dengan begitu, perekonomian daerah dapat ikut terdampak positif,” tukasnya.

Seperti diketahui, F1 Powerboat sendiri merupakan kejuaran kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat dan digelar oleh Union Internationale Motonautique serta disponsori H2O.

Oleh sebab itu, perlombaan Powerboat kelas dunia yang menyandang nama F1 seperti layaknya lomba balap mobil itu kerap dikenal dengan sebutan F1H2O.

FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H2O, sehingga seringkali disebut sebagai F2H2O.

Sebanyak 20 pembalap F1 Powerboat 2023 i dari 10 tim siap bersaing di seri Indonesia, Sabtu-Minggu (25-26/2) di Balige, Sumatera Utara.

Masing-masing tim memulai rangkaian agenda balapan dengan sesi latihan bebas, Jumat. Babak kualifikasi berlangsung Sabtu untuk menentukan posisi dalam balapan yang digelar hari Minggu.

Juara dunia F 1 Powerboat Shaun Torrente dari Tim Abu Dhabi sangat antusias menyambut balapan kali ini. Pembalap Amerika Serikat (AS) itu sengaja datang lebih awal agar bisa beradaptasi dengan cuaca dan perbedaan waktu.

“Kami sangat senang balapan di Danau Toba karena ini tempat berbeda dan memiliki arena balap yang sangat bagus. Ini akan menjadi luar biasa,” ujar Torrente. (R1)

Komentar