Cegah Stunting, Pemkab Karo akan Salurkan Bantuan Makanan pada Balita dan Ibu Hamil dari Pemprovsu

Karo568 x Dibaca

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Indonesia sudah bertekad untuk menjadi negara maju. Hal ini bisa terjadi jika generasi muda saat ini mendapatkan perhatian melalui pemenuhan kesehatan yang baik. Hal itu dimulai sejak bayi berada dalam kandungan, agar tidak terjadi stunting dalam melewati tumbuh kembangnya.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang melalui Kepala Dinas Kesehatan, drg Irna Safrina Meliala, Mkes usai menerima bantuan untuk ibu hamil dan balita dari Dinas Kesehatan Pemprov Sumut, Rabu (8/11/2023) di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe.

Menurut Irna, stunting itu yang pertumbuhan badannya tidak bagus, yang pertumbuhan badannya tidak normal dan berdampak pada kesehatan, berdampak pada perkembangan otaknya, kalau semuanya tidak bagus, katanya.

Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Karo akan menyaluran bantuan logistik berupa susu dan makanan tambahan bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Bantuan logistik ini diperuntukkan bagi balita dan ibu hamil yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Oleh karena itu, pihaknya mewanti-wanti kalangan orang tua untuk memberikan perhatian khusus agar asupan gizi dan vitamin anak tercukupi yang nantinya akan sangat berpengaruh dengan pertumbuhan dan kecerdasan anak di masa depan,” sebut Irna Safrina Meliala.

“Jika asupan gizi tidak terpenuhi maka perkembangannya akan membuat anaknya tidak pintar dan tidak sehat. Kalau tidak pintar dan tidak sehat tidak bisa sekolah dengan baik tidak bisa melaksanakan aktivitas dengan baik dan akhirnya masa depannya tidak bagus. Untuk itulah maka Pemkab Karo terus berupaya menekan angka stunting,” kata dia.

Adapun kategori penerima bantuan tersebut yakni:

  1. Balita berusia 3 tahun ke bawah dengan berat badan kurang. Setiap anak akan mendapat 4 kotak susu masing-masing seberat 350 gram.
  2. Ibu hamil yang memiliki Lingkar Lengan Atas (LILA) rendah atau Indeks Massa Tubuh (IMT) kurus, anemia yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Dinas Kesehatan Kabupaten Karo telah menerima paket bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara berupa susu dan makanan tambahan.

Adapun rincian bantuan tersebut yakni:

  1. Protein Vanila Sebanyak 1.038 Sachet
  2. Protein Cokelat Sebanyak 1.196 Sachet
  3. Susu Dancow Anak rasa vanilla sebanyak 523 Kotak
  4.  Susu Dancow Anak rasa vanilla sebanyak 523 Kotak
  5.  Biskuit Balita/Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Balita sebanyak 645 Koli (satuan volume yang digunakan dalam pengiriman barang).

Kesemua bantuan itu secepatnya akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. (R1)

Komentar